Sukses

1 Tahun Lagi, Toyota Mulai Berjualan C-HR Versi Listrik

Liputan6.com, Jenewa - Salah satu raksasa otomotif dunia, Toyota, menjadi produsen yang fokus terhadap pengembangan kendaraan hybrid. Pasalnya, mobil tersebut menjadi jembatan yang sangat baik antara kendaraan konvensional dan kendaraan berbahan bakar hidrogen dibanding baterai atau listrik.

Jenama asal Jepang ini memiliki mobil hidrogen, Mirai tapi tidak ada mobil listrik setelah tidak lagi menjual RAV4 di California, Amerika Serikat pada 2014.

Dilansir Carscoops, Toyota sepertinya sudah merubah pikirannya tentang mobil listrik. Entah karena fakta jika Toyota tidak bisa mengabaikan pasar mobil listrik yang tengah berkembang, atau menyadari bahan bakar masih sel masih jauh di masa depan. Namun kini, Toyota telah mengumumkan rencananya untuk menjual mobil listrik di Eropa pada 2021 atau dua tahun mendatang.

Menurut Johan van Zyl, CEO Toyota Eropa, keputusan belum dibuat mengenai model, tetapi sepertinya bakal menjadi SUV atau van, karena dua model itu paling responsif terhadap teknologi listrik.

"Titik harga (kendaraan listrik] akan tinggi, karena itu, Anda akan melihatnya di SUV. Mereka juga akan sangat dihargai dalam kendaraan jenis van di kota-kota, jika mereka memperluas zona nol-emisi mereka," kata van Zyl seperti dikutip Autonews Europe di Geneva Motor Show . "Kami ingin memiliki sesuatu pada tahun 2021," tambahnya.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

Pembuat mobil sejauh ini menolak menjual kendaraan listrik di Eropa, karena EV jauh lebih tidak menguntungkan daripada hibrida, yang dijual oleh produsen mobil dalam jumlah besar di wilayah tersebut.

Tahun ini, misalnya, Toyota memperkirakan hibrida akan terjual setengah dari penjualannya di Eropa , dan pada 2021 jumlah itu akan naik menjadi 60 persen. Meski begitu, Toyota berencana untuk menjual 10 EV secara global pada awal 2020-an.

Toyota telah mengumumkan akan menjual mobil listrik produksi massal pertamanya, C-HR EV , di Cina mulai tahun depan.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Kabur dari Razia, Pengendara Pura-Pura Mancing
Loading
Artikel Selanjutnya
Toyota Siapkan Kendaraan Khusus untuk Jelajahi Bulan
Artikel Selanjutnya
Tanpa Penyegaran, Apa Kabar Toyota Kijang Innova?