Sukses

Suzuki Ertiga Matik Hanya 4-Percepatan, Ini Alasannya

Liputan6.com, Manila - Suzuki Ertiga generasi terbaru ditawarkan di beberapa negara. Sebut saja Indonesia, India, dan juga Filipina yang baru saja kebagian Ertiga terbaru.

Di Filipina, MPV pesaing Mitsubishi Xpander itu belum lama ini dirilis. Tampilan Ertiga baru ini benar-benar berubah, dimensi lebih besar, guratan-guratan eksteriornya lebih tegas, dan lebih bertenaga.

Mobil 7-penumpang itu ditawarkan dengan 2 pilihan manual dan otomatis. Versi manual punya transmisi 5-percepatan, sementara otomatis hanya 4-percepatan.

Dilansir Autoindustriya, beberapa pihak menyangka Ertiga akan menggunakan Continuously Variable Transmission (CVT) untuk varian otomatis. Apalagi saat Ertiga baru menggunakan platform heartect, saat pertama kali diluncurkan pada IIMS 2018, di Indonesia.

Tapi ternyata, all new Suzuki Ertiga masih memakai transmisi otomatis 4-percepatan, yang tak berubah dari pendahulunya. Senior Product Supervisor for Automobiles Suzuki Philipine, Kennedy Adia, mengatakan bahwa otomatis 4-percepatan memang sengaja dipertahankan karena dirasa cocok untuk kendaraan yang mungkin akan mengangkut beban yang berat.

"Suzuki mempertahankan otomatis 4-percepatan untuk Ertiga 2019 karena dinilai sesuai dengan persyaratan perusahaan, selain manual 5-percepatan. Ini adalah transmisi yang andal dan sudah terbukti," ujar Adia.

 

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

Lalu, mengapa tak menggunakan CVT? Menurut Adia, CVT memang khusus dirancang untuk Swift, demi efisiensi yang lebih baik.

Namun demikian, bukan berarti Ertiga akan seterusnya menggunakan transmisi tersebut. Adia mengisyaratkan, bisa saja Ertiga menggunakan transmisi otomatis 6-percepatan di kemudian hari.

Perlu diingat, Vitara pun menggunakan transmisi otomatis 6-percepatan. Dan kini, pabrikan Jepang itu disebut sedang melakukan riset untuk memadukan transmisi otomatis 6-percepatan dengan platform Heartect.

"Kami memiliki kapabilitas untuk membuat transmisi otomatis 6-percepatan, dan Vitara memakai itu. Ini hanya soal pengembangan, lalu membuatnya cocok dengan platform Heartect milik Ertiga," tambah Adia.

Sumber: Otosia.com

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Tips Aman dan Nyaman Boncengan Naik Sepeda Motor
Artikel Selanjutnya
Meski Sepele, 1 Hal Ini Sering Dilupakan Bikers