Sukses

Ladies, Berikut 5 Tips Naik Sepeda Motor Saat Musim Hujan

Liputan6.com, Jakarta - Bagi pengendara sepeda motor yang tetap beraktivitas meski dalam kondisi cuaca hujan seperti saat ini, tentu saja diharapkan agar ekstra berhati-hati. Pasalnnya, jalanan yang Anda lalui bisa saja merupakan jalanan aspal yang berlubang dan tertutup genangan air.

Bahkan dilansir situs Vemale.com, khusus para lady bikers, utamakan keselamatan. Dan tak kalah penting, jangan lupa membawa jas hujan serta melengkapi segala kebutuhan yang kamu perlukan selama melakukan perjalanan.

Perlu dicatat, bagi kaum hawa,  sebaiknya memilih sepeda motor bebek atau matik untuk digunakan sehari-hari. Selain lebih nyaman digunakan, jenis motor ini juga lebih ringan dan enak dikemudikan.  

Situs Vemale juga memberikan beberapa tips bagaimana agar tetap aman dan nyaman berkendara sepeda motor di musim penghujan khususnya bagi cewek. Apa saja tipsnya? Berikut ulasannya.

1. Pastikan Kondisi Fisik Prima

Jangan berkendara jika Anda sedang lelah, letih, kurang enak badan apalagi pusing. Berkendara dengan sepeda motor dan di musim hujan sangat berisiko jika dilakukan dalam kondisi fisik yang kurang prima.

Dinginnya suhu saat hujan justru dapat membuat fisik mudah down. Jadi, pastikan bahwa fisik Anda dalam kondisi prima untuk melakukan perjalanan dengan sepeda motor.

 

2 dari 3 halaman

2. Pastikan Perlengkapan Perjalanan Siap Sedia

Jas hujan, sandal jepit atau sepatu boot, masker, helm, jaket dan kondisi motor yang baik harus siap sedia. Hindari berkendara tanpa menggunakan jas hujan saat hujan, karena ini bisa membuat kondisi tubuh Anda mudah terserang sakit.

Untuk jas hujan sendiri, usahakan untuk menggunakan jas hujan yang nyaman, aman dan risiko air hujan tembus ke dalam jas sedikit. Disarankan juga agar memilih jas hujan bentuk baju yang terdiri dari kemeja serta celana untuk memudahkan bergerak selama berkendara.

3. Ban, Rem, dan Kondisi Motor Prima

Perhatikan ban, rem, lampu dan kondisi motor prima. Lakukan servis secara rutin setiap bulan atau minimal dua bulan sekali agar kondisi sepeda motor prima. Ketika sepeda motor yang Anda gunakan prima, perjalanan akan terasa nyaman dan lebih aman.

4. Hujan Deras & Berangin, Harus Bagaimana?

Ketika hujan dinilai terlalu deras dan berangin, lebih baik Anda menepi dan tunggu hingga hujan reda. Menepi saat hujan deras akan membuat lebih aman jika dibandingkan dengan tetap memaksakan untuk melakukan perjalanan dan menerjang hujan.

Pilih tempat menepi yang aman dan nyaman seperti pinggir toko, di rumah warga atau di pos polisi. Hindari menepi di bawah pohon terlebih lagi pohon-pohon besar.

5. Matikan Ponsel Selama Perjalanan

Mematikan ponsel selama melakukan perjalanan akan membuat Anda lebih tenang.

Ini juga bantu Anda terhindar dari bahaya petir. Jika kamu membawa dokumen penting, simpan baik-baik dokumen tersebut di dalam wadah plastik anti air.

 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
5 Cara agar Hijabers Tetap Cantik Walau Tiap Hari Naik Motors
Artikel Selanjutnya
Ancaman Maut Berkendara di Musim Hujan, Waspadai Hydroplaning!