Sukses

Ini 23 Kota dan Kabupaten yang Peduli Keselamatan Jalan

Indonesia Road Safety Award (IRSA) 2018 diberikan kepada kota dan kabupaten terbaik dalam hal penerapan tata kelola keselamatan jalan.

Liputan6.com, Jakarta - Keselamatan jalan raya menjadi fokus utama hadirnya Indonesia Road Safety Award (IRSA) 2018. Penghargaan yang merupakan program dari Adira Insurance ini diberikan kepada kota dan kabupaten terbaik dalam hal penerapan tata kelola keselamatan jalan.

Menurut Business Development Division Head Adira Insurance,Tanny Megah Lestari, program bertajuk I Wanna Get Home Safely! Merupakan kampanye keselamatan jalan  yang bertujuan untuk menurunkan angka kecelakaan di Indonesia, dengan melibatkan seluruh lapisan masyarakat baik pemerintah, lembaga swadaya masyarakat, swasta dan berbagai pihak lainnya agar terus peduli terhadap keselamatan jalan.

 

“Program IRSA adalah untuk memberikan dukungan kepada pemerintah kota dan kabupaten agar terus bekerja keras menerapkan pilar-pilar keselamatan jalan di lingkungan pemerintahannya sehingga tercipta keselamatan jalan yang semakin baik.”

Tahun ini, setidaknya ada 137 kota dan kabupaten yang turut serta dalam IRSA 2018. Dari jumlah tersebut terpilih 23 kota dan kabupaten finalis IRSA 2018.

Jumlah Finalis terpilih ditentukan berdasarkan data-data keselamatan jalan seperti jumlah penduduk, luas wilayah, jumlah kecelakaan, jumlah fatalitas kecelakaan, dan data pendukung lainnya.

Ke-23 finalis saat ini sedang dilakukan observasi lapangan dan survei kepuasan pengguna jalan yang bertujuan untuk mengeksplorasi dan mengukur kualitas penerapan tata kelola keselamatan jalan.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pengembangan Penilaian

IRSA tahun ini dilakukan berbagai pengembangan guna meningkatkan kualitas pelaksanaan program, antara lain perubahan metode survei kepuasan pengguna jalan.

Survei dilakukan lebih memperdalam aspek kuantitatif dengan tujuan data yang dihasilkan semakin valid dan komprehensif. Dengan metode ini, responden yang diwawancarai lebih banyak dan wilayahya lebih luas agar mewakili kepuasan masyarakat.

Pengembangan juga dilakukan dengan menambahkan atribut observasi seperti penerapan Smart City, pedestrian light crossing, yellow box junction, hingga pengecekan materi keselamatan jalan pada kurikulum sekolah.

Proses sharing session dan penjurian tahun ini juga merupakan pengembangan dari IRSA 2018. Tahapan ini nantinya akan dilakukan pada September mendatang dan berlangsung di Kota Surabaya.

Pada tahap penjurian, finalis IRSA akan memaparkan berbagai program tata kelola keselamatan jalan di daerahnya di hadapan para juri yang terdiri dari perwakilan lima pilar keselamatan jalan dan para pakar road safety lainnya.

Adapun penilaiannya mengacu pada lima pilar keselamatan jalan yang telah dicanangkan WHO dan diadopsi oleh banyak negara di dunia yakni manajemen keselamatan jalan, jalan yang berkeselamatan, kendaraan yang berkeselamatan, perilaku pengguna jalan yang berkeselamatan dan penanganan pra dan pasca kecelakaan.

Adapun pemenang tahun ini akan diumumkan pada penganugerahan penghargaan IRSA 2018 yang akan diselenggarakan pada November 2018. Berikut 23 finalis IRSA 2018:

3 dari 3 halaman

Daftar Kota dan Kabupatenn

Kota dengan tingkat kepadatan penduduk tinggi.

1. Kota Banjarmasin

2. Kota Bogor

3. Kota Bandung

4. Kota Pekalongan

5. Kota Yogyakarta

Kota dengan tingkat kepadatan penduduk rendah.

1. Kota Ambon

2. Kota Bitung

3. Kota Bontang

4. Kota Probolinggo

5. Kota Samarinda

Kabupaten dengan tingkat kepadatan penduduk tinggi.

1. Kab. Tangerang

2. Kab. Jepara

3. Kab. Cianjur

4. Kab. Kuningan

5. Kab. Pacitan

Kabupaten dengan tingkat kepadatan penduduk rendah.

1. Kab. Banyuasin

2. Kab. Bangka

3. Kab. Barito Kuala

4. Kab. Kotabaru

5. Kab. Ogan Komering Ilir

Excellent City

1. Kota Balikpapan

2. Kota Tangerang

3. Kota Semarang

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.