Sukses

Cara Mudah dan Murah Merawat Helm Kesayangan Anda

Merawat helm terutama brand impor sebenarnya cukup mudah. Selain lebih memperhatikan kebersihan kaca agar tidak mudah berjamur karena Indonesia beriklim tropis, rutinlah membersihkan bagian interior.

Liputan6.com, Jakarta - Fungsi utama helm adalah melindungi kepala penggunanya, selain itu helm juga menjadi bagian dari gaya hidup sekaligus barang berharga yang layak untuk dikoleksi. Sehingga wajar saja jika ada yang mengoleksi helm dengan harga yang cukup mahal.

Merawat helm terutama brand impor sebenarnya cukup mudah. Selain lebih memperhatikan kebersihan kaca agar tidak mudah berjamur karena Indonesia beriklim tropis, rutinlah membersihkan bagian interior.

Untuk visor atau kaca, sebaiknya hindari cairan yang mengandung zat kimia yang justru akan membuat kusam dan mengeras dalam jangka waktu lama. Cukup bilas dengan air bersih, lalu dilap kering microfiber.

“Rajin-rajinlah membersihkan outer shell dengan microfiber atau disemprot dengan angin. Ini tujuannya untuk menghilangkan debu di sela-sela ventilasi,” buka General Manager PT.Deride Maxima Sentosa, gerai yang menjual khusus helm Nolan dan apparel Alpinestars, Avan Tjen.

Memilih lap juga tidak mobil asal, pilih lap yang punya pori-pori halus seperti microfiber agar helm tidak mudah lecet. “Misalnya, pinlock gampang lecet, sebaiknya dibilas dulu dengan air sebelum dilap,” sarannya lagi.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Untuk menghindari bau selain saat tidak dipakai kaca dibuka, dan saat pemakaian gunakanlah balaclava. Tujuannya agar keringat tidak langsung terserap busa bagian dalam, yang lama-kelamaan menimbulkan aroma tidak sedap akibat menjadi sarang bakteri dan kuman penyebab bau.

Balaclava salah satu fungsinya adalah menyerap keringat dan bakteri di kepala, tidak langsung ke bagian interior helm. Tapi balaclava juga perlu dicuci rutin. Kalau interiornya cuci pakai shampo khusus helm, biar kebersihannya tetap terjaga dan tidak bau apek,” imbuhnya.

 

Sumber: Otosia.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.