Sukses

Mau Beli Mobil Baru, Lakukan 6 Tips Ini

Liputan6.com, Jakarta - Bila Anda ingin membeli mobil baru, jangan langsung buru-buru menetapkan pilihan. Tak hanya keunggulan mobil tersebut yang perlu Anda lihat, Anda juga harus merasakan performanya dan yang pasti bisa Anda beli dengan harga sesuai budget keuangan.

Dikutip dari Auto2000, ada beberapa tips yang perlu dilakukan jika Anda ingin membeli mobil baru, apa saja?

1. Pilih model yang mau dibeli

Jika Anda datang ke pameran otomotif, jangan gegabah untuk memilih tanpa membawa referensi mobil yang akan dibeli. Bisa-bisa Anda akan berubah pikiran dan mengacaukan rencana keuangan keluarga. Ada baiknya Anda browsing dahulu mengenai informasi seluruh model mobil yang baru diluncurkan.

2. Perhitungkan budget

Langkah terpenting ialah menentukan keuangan keluarga Anda ke depan. Pastikan model mobil baru yang mau dibeli sesuai dengan rencana keuangan. Apalagi bila Anda memutuskan untuk membeli mobil secara kredit. Itu artinya Anda punya kewajiban rutin mencicil setiap bulan selama sekian tahun.

Padahal di kurun waktu tersebut, Anda juga mesti menyiapkan dana untuk keperluan lain yang sudah pasti, seperti bayar uang masuk anak sekolah. Belum lagi kalau ada pengeluaran tak terduga. Disarankan, jumlah cicilan per bulan tidak boleh lebih dari 30 persen dari pendapatan bulanan Anda. Itupun sudah termasuk pembayaran cicilan lain seperti tagihan cicilan rumah dan kartu kredit.

Pertimbangkan juga down payment alias DP yang akan dibayarkan. Semakin besar DP akan meringankan beban bulanan Anda ke depan. Namun juga membuat Anda harus siap dana besar di awal.

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Window shopping

Pelajari lebih jauh mobil incaran Anda, baik dari segi model, fitur, dan aspek-aspek penting lainnya. Biasanya Anda akan ditemani oleh tenaga sales dari dealer yang ikut serta.

4. Test drive

Jika Anda mencari mobil baru di pameran seperti GIIAS beberapa waktu lalu, usahakan Anda bisa menjajalnya lebih dulu. Persiapkan Sim A yang masih berlaku sebagai syarat utama. Patuhi pula aturan yang telah ditetapkan oleh pihak penyelenggara.

Manfaatkan secara maksimal waktu yang tersedia untuk menguji performa mobil tersebut. Cobalah fitur-fitur yang disediakan dan rasakan benefitnya. Pastikan Anda mendapatkan info detail mengenai produk mobil yang dicoba.

5. Family meeting

Berdasarkan semua informasi yang didapat, Anda bisa melakukan diskusi bersama keluarga. Minta saran anggota keluarga lain mengenai produk mobil yang diincar. Hitung ulang mengenai budget berdasarkan data yang diberikan oleh sales. Jangan menjadi emotional buyer dan fokus untuk menjaga kesehatan keuangan keluarga.

 

3 dari 3 halaman

6. Transaksi pembelian

Setelah didapatkan kesepakatan mengenai mobil yang akan dibeli, kontak wiraniaga yang membantu saat window shopping. Hitung kembali biaya yang harus dikeluarkan, terutama kalau membeli secara kredit. Minta buatkan simulasi yang jelas dan detail supaya benar-benar paham setiap rupiah yang dikeluarkan.

Tanyakan kembali kalau masih ada yang belum paham mengenai kewajiban Anda sebagai pembeli mobil. Terutama menyangkut kewajiban di kemudian hari jika ada masalah. Bila semua hal sudah Anda pahami dan tidak ada masalah, bisa dilanjutkan dengan SPK dan pemenuhan kewajiban awal. Pastikan Anda mendapatkan invoice yang benar sebagai bukti pembayaran yang sah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.