Sukses

Kencang Banget, Bentley Bentayga Pecahkan Rekor SUV Pikes Peak

Liputan6.com, Jakarta - Bentley Bentayga berhasil memecahkan rekor SUV di ajang Pikes Peak International Hill Climb.

Capaian ini dilakukan oleh Rhys Millen yang berhasil menyelesaikan rute sejauh 19,99 km dengan 156 tikungan sampai ketinggian 1.440 meter di atas permukaan laut dalam waktu 10 menit 49,9 detik sampai puncak.

Dalam balapan yang dijuluki “The Race to The Clouds”, Bentayga mengerahkan kombinasi unik untuk menetapkan tolak ukur baru, dengan menggunakan mesin berkonfigurasi W12 6,0-liter plus twin-turbocharger, mampu mengeluarkan tenaga sebesar 600 Tk dan torsi 900 Nm.

Versi mesin W12 ini mempunyai figur akselerasi 0-100 km/jam secepat 4,1 detik dan top speed 301 km/jam.

"Mesin yang luar biasa. Untuk mengendarai SUV dengan modifikasi minimal dan dapat mengendarainya di jalur ini di bawah 11 menit merupakan bukti nyata terhadap performa dan tingkat teknik yang luar biasa dari Bentayga. Mobil tersebut sudah diset sedemikian rupa dan memberikan rekor untuk Bentley," kata Ryhs Millen dalam keterangan resminya.

Untuk diketahui, capaian rekor yang sekarang hampir 2 menit lebih cepat dari rekor sebelumnya. Kecepatan rata-ratanya mencapai 106,4 km/jam.

 

 

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Kondisi tidak sepenuhnya standar pabrik agar dapat memenuhi peraturan balap yang ditentukan. Jok depan digantikan jok balap, sementara kursi belakang dihilangkan. Sebagai pelindung seisi kabin, tersemat roll cage dan disiapkan pemadam kebakaran. Ban memakai Pirelli dengan knalpot Akrapovic.

Hal lainnya, unit untuk Pikes Peak tetap standar Bentayga yang dilapisi bodi Radium Satin, suspensi udara adaptif, anti-roll control electric dan rem karbon keramik.

Sebagai bentuk perayaan rekor tersebut, Bentley meluncurkan Limited Edition Bentayga Pikes Peak, yang hanya ada 10 unit.

Dibuat handmade oleh divisi khusus Mullliner, Pikes Peak Bentayga memiliki beberapa elemen berbeda dibanding Bentayga standar seperti mengganti kromium di eksterior dengan warna hitam dan menambahkan splitter karbon, side skirt, diffuser dan spoiler.

Pikes Peak Bentayga menggendong mesin dan sasis yang sama seperti yang digunakan oleh Rhys Millen. Mesin Bentley 6.0 liter twin turbo W12 yang dapat memberi tenaga 600 Tk dan torsi 900 Nm, dengan transmisi otomatis 8 percepatan.