Sukses

Kampas Kopling Yamaha RX King Dinilai Lebih Bagus Ketimbang Motor Lain

Liputan6.com, Jakarta - Kopling pada sepeda motor memiliki fungsi untuk mengalihkan tenaga dari mesin ke transmisi. Komponen di antaranya seperti dumper (karet) rumah kopling, dan pernya sendiri.

Terkait kampas kopling, ternyata komponen tersebut memiliki masa pakai. Usia kampas kopling bisa cepat habis bila pemakaian sehari-harinya juga salah.

Meski begitu, kampas kopling pada motor Yamaha RX King diklaim lebih unggul dibanding pada motor lainnya.

"Kalau motor kopling saya sarankan lebih bagus pakai motor RX King. Vixion, kalau panas mesinnya ngelitik, kurang bagus. Kalau Honda CBR, mesinnya panas, itu masuk koplingnya susah. Pakai Jupiter MX, itu lebih parah," kata Toni, montir di bengkel Venus Motor yang berlokasi di Kemandoran.

Menurutnya, kampas kopling untuk Jupiter MX sangat cepat habis, yakni setiap enam bulan sekali. Lain lagi dengan kampas kopling Vixion, umurnya hanya setahun.

 

1 dari 3 halaman

Selanjutnya

"Lebih bagus dan sempurna memang RX King, kualitasnya lebih bagus. Kampas kopling RX King bisa dua tahun lebih. Dimodif model apapun juga ok. Sparepart juga terjangkau, gak susah," ujarnya.

Ia menambahkan, jika sparepart motor susah dicari, itu bukanlah karena barangnya yang tidak ada.

"Susah dicari karena gak ada channel, kalau ada channel mah gampang saja. Sparepartnya juga gak mahal, dibanding Vixion, Scorpio, CBR. Kalau sekalinya rusak seher, dia ganti blok semuanya. Ganti blok, ganti seher. Kalau RX King kan enggak begitu. Ganti seher, ya ganti seher saja," tutupnya.

2 dari 3 halaman

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Top 3 Berita Hari Ini: Nasib Tragis Motor Klasik dan Migrasi Motor 2-Tak
Artikel Selanjutnya
Perawatan Motor Matik Lebih Mahal Dibanding Manual, Benarkah?