Sukses

Buick 1937, Mobil Tertua di Kontes PPMKI Punya Banyak Sejarah

Turut hadir jadi tamu undangan acara kontes mobil klasik yang digelar PPMKI, mobil Buick 1937 jadi mobil yang tertua.

Liputan6.com, Jakarta - Akhir pekan lalu Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno Indonesia (PPMKI) menggelar kontes mobil klasik bertajuk 'Classic for The Young Generation' yang berlangsung di Maxxbox Lippo Village, Tangerang. Dalam acara ini, ada satu mobil yang menjadi salah satu tamu undangan dan merupakan anggota PPMKI yang diklaim menjadi mobil tertua. 

Mobil tersebut ialah Buick keluaran 1937. Wiwiek, pemilik mobil Buick 37 ini mengaku menyetir sendiri dari rumahnya di bilangan Kebayoran Baru ke Tangerang. Meski mempunyai mobil yang diproduksi pada tahun 30-an, Wiwiek mengaku kondisi mobil warisan almarhum suaminya ini masih sangat bagus dan jarang mengalami mogok. Kendala yang dialami hanya seputar kaki-kaki, as roda, klaher dan rem.

"Kalau mesin enggak ada kendala. Itu mobil enggak pernah ngerongrong, enggak pernah rusak. Paling cuma kempes, biasa kena paku, itu saja. Mobil yang lain mah mogok, dia mah anteng saja di jalan," kata Wiwiek kepada  Liputan6.com saat dihubungi, Senin (2/4/2018).

Berdasarkan informasi yang didapat, Buick '37 tersebut tidak memiliki kendala yang berarti terlebih untuk mencari sparepart-nya karena kini mudah untuk didatangkan dari luar negeri. Mobil yang dimiliki Wiwiek ini memiliki sejarah karena pernah dipakai panglima tentara Jepang tahun 1947.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

selanjutnya

Untuk diketahui, mobil Buick merupakan mobil buatan Amerika yang didirikan oleh seorang pebisnis yang bernama David Dunbar Buick. Dalam sejarah Indonesia, Buick pernah dipakai menjadi mobil kepresidenan yakni Buick 8.

Buick 8 limited edition keluaran tahun 1938 digunakan sebagai tunggangan Presiden Soekarno, sejak proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia hingga tahun 1949.

Mobil ini bukanlah mobil yang dibeli oleh pemerintah Indonesia, melainkan merupakan hasil rampasan dari pemerintahan penjajah Jepang. Memiliki 8 silinder dengan kapasitas mesin 5.247 cc, Buick 8 hanya diproduksi sekitar 1.451 unit saja di dunia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.