Sukses

Meski Custom, Motor Jokowi Bergaya Chopper Punya Berkas Lengkap

Liputan6.com, Jakarta Tak seperti kebanyakan motor custom lain, Chopperland milik Jokowi yang baru tiba di Istana Kepresidenan, Bogor, Sabtu (20/1/2018) kemarin sudah legal dan layak jalan. Chopperland, motor Jokowi bergaya custom chopper yang baru dibelinya tentu berbeda dari motor-motor custom pada umumnya.

Motor yang dibangun oleh Elders Garage ini sudah dijamin layak jalan karena berkas-berkasnya pun lengkap. "Kita beli motor yang memang ada suratnya karena kita gak mau terkendala dengan legalitas," kata pendiri Elders Garage, Heret Frasthio, saat konferensi pers di bilangan Lebak Bulus, Sabtu (20/1/2018).

Ia menegaskan sejauh ini motor Jokowi bisa dipertanggungjawabkan secara surat menyurat. "Kami juga sudah kasih data-datanya. Sudah kasih story-nya tentang produk kita juga. Dan sementara waktu kita menganggap motor ini memang legal dan layak jalan," kata Heret.

Chopperland sendiri mengambil mesin, tromol, dan shockbreaker dari Royal Enfield Bullet 350. "Komponen lokalnya sekitar 70-75 persen, karena komponen seperti ban, kan, kami enggak produksi sendiri. Kami beli yang ada. Tromol juga kami ambil dari motor yang sudah ada juga. Tapi tangki, rangka, spakbor belakang, jok, arm belakang, swingarm bikinan kami semua," papar Heret.

Seperti diketahui, Royal Enfield Indonesia Bullet 350 menggendong mesin 346 cc, silinder tunggal, busi ganda dengan bore dan stroke 70 mm x 90 mm, dan sistem pengapian transistorised coil ignition. Mesin berdaya 19,8 Tk dan torsi 28 Nm ini memiliki transmisi lima percepatan.

Motor Jokowi sendiri yang merupakan motor modifikasi pertama yang dilahirkan dari kolaborasi Elders Garage dengan Kickass Choppers ini dibeli Jokowi senilai Rp140 juta.

1 dari 2 halaman

Jokowi Beli Chopperland Karena Posisi Duduknya Nyaman

Motor custom garapan Elders Garage dan Kickass Choper resmi dipinang Presiden Joko Widodo. Motor yang disebut Chopperland ini, dibeli orang nomor satu di Indonesia itu dengan mahar Rp 140 juta.

Motor bergaya chopper dengan basis Royal Enfield Bullet 350cc ini sendiri, sudah diantar oleh para modifikator Tanah Air ke Istana Bogor, Sabtu (20/1/2018). Kedatangan motor berkelir emas ini, langsung diterima oleh Jokowi pukul 10:20 WIB.

Punggawa Kickass Chopper, Veroland menduga, ketertarikan Presiden terhadap motor custom-nya itu karena posisi setang yang agak tinggi.

"Chopper itu memang posisi duduknya lebih rendah, lebih santai tapi setangnya agak tinggi. Mungkin wajar juga Pak Jokowi tertarik, karena melihat posisi duduknya lebih santai aja daripada motor-motor lain," jelas Vero.

Lanjut Vero, Chopperland sendiri memang dibangun dengan banyak menggunakan produk lokal, seperti rangka dan jok. "Rangka dibuat di sini (Jakarta), sementara jok kulit buatan Bandung," ucap Vero.

Untuk diketahui, Presiden Jokowi pertama kali melihat motor tersebut saat perayaan Sumpah Pemuda, 28 Oktober 2017 silam. Saat itu, Presiden sempat mencoba duduk di motor tersebut, hingga akhirnya jatuh hati dan langsung memesan motor tersebut.

 "Semula harganya Rp150 juta, saya tawar, jadinya Rp140 juta," tutur Jokowi.

Artikel Selanjutnya
Top3 Berita Hari Ini: 10 Modifikasi Unik dan Motor Seharga HP
Artikel Selanjutnya
Top3 Berita Hari Ini: Ciri Jaket Kulit Asli dan Striping Baru Honda Supra