Sukses

Berniat Pergi Liburan Pakai Kendaraan Pribadi, Cek Komponen Ini

Pergi menggunakan kendaraan pribadi, dibutuhkan mobil yang prima agar liburan berjalan lancar. Jadi, komponen apa saja yang harus diperiksa?

Liputan6.com, Jakarta - Tidak terasa sudah memasuki bulan terakhir 2017. Itu artinya, liburan akhir tahun sudah di depan mata. Tapi jangan lupa, ketika memutuskan pergi liburan menggunakan mobil pribadi, harus ada persiapan matang terkait mobil yang hendak dibawa.

Saat pergi liburan, pasti menempuh jarak yang cukup jauh. Selain itu, pasti melewati kondisi jalan yang bermacam-macam, seperti jalanan aspal, berbatu, tanjakan, dan turunan yang curam.

Oleh karena itu, dibutuhkan kendaraan yang prima, agar perjalanan liburan tidak menimbulkan hal-hal yang diinginkan. Berikut, tips merawat kendaraan sebelum liburan yang disitat dari laman resmi asuransiastra.com:

1) Periksa oli mesin

Pastikan oli mesin memiliki volumenya cukup. Cara cek volume oli mesin dengan memeriksa level pada stik oli. Lihatlah batas oli yang menempel pada stik. Level oli harus berada di garis antara tanda L dan F, dan seharusnya sedikit dibawah garis level F. Jika kurang tambahkan secukupnya, dan pastikan batas waktu (kilometer) pemakaian oli Anda masih cukup untuk jarak yang akan Anda tempuh.

2) Periksa air radiator dan air reservoir

Air radiator dalam kondisi penuh. Sedangkan air reservoir sampai batas level atau tidak perlu terlalu penuh. Periksa juga kondisi selang radiator dan selang penghubung ke reservoir. Bila menemui selang yang menggelembung atau retak, sebaiknya diganti. Ini untuk menghindari selang pecah ditengah jalan. Pastikan juga sambungan selang ke mesin dan ke radiator cukup kencang dan tidak bocor.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Next

3) Filter dan selang bensin

Selanjutnya, periksa filter dan selang bensin dalam kondisi baik. Kemudian, pastikan bahwa selang bahan bakar tidak mengalami keretakan atau kebocoran. Selain itu, pastikan juga filter bensin tidak tersumbat. Bagi yang sering melakukan servis rutin berkala kendaraan, biasanya filter bensin dalam kondisi bersih.

4) AC

Periksa putaran kipas pendingin. Bila kipas diputar oleh belt, maka periksalah kondisi fisik belt. Bila belt telah retak-retak, maka layak untuk diganti. Cek juga ketegangan belt agar putaran kipas dapat optimal. Bila kipas diputar motor listrik, kondisi motor listrik harus masih baik dan layak.

Cara mengecek pedinginan mesin mobil oleh kipas mesin berjalan normal adalah dengan memperhatikan jarum pointer penunjuk temperatur. Jika melebihi garis tengah berarti mesin cukup panas namun masih aman, kalau lebih dari setengah sebaiknya anda berhenti, tunggu sampai mesin mobil dingin. Selanjutnya periksa kondisi air pendingin dan kipas.

5) Timing Belt

Penggantian timing belt berpatokan pada indikator jarak tempuh kilometer di spedometer mobil. Jika timing belt telah digunakan sejauh 50.000 kilometer, segera ganti dengan yang baru meskipun belum terdapat kerusakan karena pabrik merekomendasi pemakaian lebih lama.

6) Air Filter (Saringan Udara)

Air filter atau saringan udara perlu dibersihkan sebelum perjalanan jauh. Pemakaian air filter berpatokan pada jarak tempuh yaitu sekitar 10.000 kilometer.

3 dari 3 halaman

Next

7) Aki (Accu)

Periksa baut kutub aki dan bersihkan kutub aki dari kotoran atau kerak yang menempel. Periksa pula level air aki, jika kurang tambahkan dengan air aki murni, jangan menambah dengan air zuur (H2S04). Sebaiknya baca artikel tentang Perawatan Aki Mobil.

8) Ban

Cek kondisi ban, apakah ada benda tajam yang merusak ban. Periksa juga tapak ban apakah ada yang terparut dan periksa juga tekanan angin ban. Tekanan ban yang normal sekitar 30 sampai 34 psi.

9) Rem

Komponen ini paling penting untuk diperiksa sebelum berpergian jauh, caranya dengan cek level minyak rem di reservoir. Jika berkurang dari batas level minimal, maka perlu dicurigai kemungkinan adanya kebocoran. Periksa sistem rem apakah terlihat ada kebocoran pada selang, master rem, dan periksa apakah ada basah di bagian dalam velg sebagai tanda kebocoran silinder roda. Pastikan sistem rem dapat bekerja dengan baik.

10) Lampu

Cek seluruh lampu. Pastikan semua lampu dapat berfungsi dan menyala dengan normal. Bila ada lampu yang mati, segera di ganti dengan yang baru.

11) Wiper kaca

Ini sangat berguna sekali bila berkendara di musim hujan. Pastikan wipper kaca mobil dapat berfungsi dengan normal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini