Sukses

Jakarta Kota Paling Macet Ketiga di Dunia

Liputan6.com, Jakarta - Produsen GPS, TomTom, kembali merilis daftar kota dengan kemacetan terparah di dunia. Yang menarik, Jakarta menempati posisi ketiga, dari sekira 390 kota yang berasal dari 48 negara di seluruh dunia.

Ini adalah kali pertama Jakarta masuk ke dalam daftar. Sebelumnya Ibu Kota Indonesia ini belum masuk ke dalam indeks. Kota lain yang baru masuk ke dalam 10 peringkat teratas adalah Tainan, di Taiwan, yang menempati posisi ke-9.

Dalam laman resminya, tomtom.com, dikutip Kamis (2/3), disebutkan bahwa kemacetan di Jakarta rata-rata 58 persen. Namun ketika pagi naik jadi 63 persen, dan menjelang malam, tepatnya di jam-jam sibuk, bisa mencapai 95 persen.

Posisi Indonesia hanya lebih baik ketimbang Mexico City dan Bangkok. Yang menarik, saat berita ini baru akan ditulis, TomTom menyebut Indonesia berada di posisi empat, namun kemudian berpindah secara otomatis jadi ketiga.

Mungkin peringkat ini sifatnya real time, dalam arti selalu berubah.

Pakar lalu lintas senior TomTom, Nick Cohn, mengatakan bahwa kota-kota yang masuk ke dalam daftar teratas adalah "korban atau kesuksesan mereka sendiri." Ia menuding pertumbuhan ekonomi, dan populasi, adalah menyebab padatnya lalu lintas.

Mexico City, menurut TomTom, sangat parah karena mengalami kemacetan seharian penuh. Macet bisa terjadi pada pagi, siang, bahkan tengah malam. Tingkat macet rata-ratanya mencapai 66 persen, dengan tingkat tertinggi mencapai 101 persen.

Berikut 10 kota termacet  selengkapnya:

1. Mexico City, Meksiko
2. Bangkok, Thailand
3. Jakarta, Indonesia
4. Chongqing, Tiongkok
5. Bucharest, Rumania
6. Istanbul, Turki
7. Chengdu, Tiongkok
8. Rio de Janeiro, Brasil
9. Tainan, Taiwan
10. Beijing, Tiongkok

Rem Blong, Truk Molen Terguling di Bekasi
Loading