Sukses

Penting, Rawat Mobil Sebelum Beraktivitas Rutin

Liburan hampir selesai. Sebentar lagi para pekerja akan kembali beraktivitas seperti biasa. Sebelum itu, periksalah kembali kondisi mobil.

Liputan6.com, Jakarta - Liburan tahun baru hampir selesai. Sebentar lagi para pekerja akan kembali beraktivitas seperti biasa.

Sebelum larut ke dalam rutinitas, ada baiknya terlebih dulu untuk mengecek kondisi mobil yang digunakan saat liburan yang lalu. Jangan sampai kerusakan mobil baru diketahui sesaat sebelum mobil akan digunakan untuk pergi kerja.

Lakukan pengecekan di eksterior dan interior. Cuci mobil untuk bersihkan eksterior, dan bersihkanlah sisa kotoran di interior hingga tidak bersisa. Adanya kotoran bisa menyebabkan timbulnya bau tidak sedap di kemudian hari.

Komponen penting yang perlu diperisa adalah ban. Pada bagian ini, normalkan kembali tekanan angin. Sebab biasanya, pengendara akan menambahkan tekanan angin.

Selanjutnya, periksa air pada aki, radiator, dan wiper. Ada kemungkinan air akan berkurang setelah perjalanan panjang. Periksa juga oli pada mesin dan tempat lainnya. Ada baiknya untuk langsung mengganti oli.

Kemudian, coba cek, apakah timbul suara bising di bagian mesin? Jika ya, sebaiknya segera serahkan perbaikannya pada bengkel langganan atau bengkel resmi.

Periksa juga penggerak seperti kopling, persneling, as, dan bearing roda. Dengarkan apakah muncul suara tidak normal saat mobil digerakkan. Sebab, ada potensi bagian ini juga mengalami kerusakan pasca digunakan setelah perjalanan panjang.

Terakhir, jika memang tidak memiliki waktu dan ingin praktis, Anda dapat memeriksakan kondisi mobil pasca liburan ke bengkel langganan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.