Sukses

Volvo Akan Punya Saudara

Geely, pabrikan otomotif asal Tiongkok, akan meluncurkan merek baru dengan nama Lynk & Co. Sebelumnya mereka telah punya merek Volvo.

Liputan6.com, Beijing - Geely, pabrikan otomotif asal Tiongkok, akan meluncurkan merek baru dengan nama Lynk & Co pada 20 oktober nanti. Sebelumnya, sejak 2010 lalu Geely telah memiliki Volvo, merek mobil asal Swedia.

Melansir Automotive News, Senin (17/10/2016), diluncurkannya merek ini disebut untuk mengantisipasi pertumbuhan pasar kelas menengah. Maklum, Volvo identik dengan mobil mewah, sementara Geely justru sebaliknya, mobil murah.

Lynk & Co akan membangun mobil pertama berdasarkan pada platform bernama Compact Modular Architecture. Produk ini pertama-tama akan dijual di Tiongkok tahun depan, baru kemudian ke tempat lain, bahkan hingga Eropa dan Amerika Serikat (AS).

Model pertama yang bakal dirilis punya nama sandi `L`, yang merujuk pada huruf awal perusahaan. Tanggal peluncurannya disebut-sebut pada bulan depan. Mobil ini akan dijual di seluruh jaringan dealer Geely di Tiongkok.

Adapun merek kelas menengah ini, akan bersaing ketat dengan merek lain yang telah terlebih dulu mapan seperti SAIC Motor, yang juga menjalin kerja sama dengan General Motors (GM). Di Indonesia, SAIC lebih dikenal dengan merek Wuling.

Selain itu, prospek merek ini juga agak kurang positif karena pasar mobil Tiongkok melambat sejak tahun lalu. Meski memang penjualan lokal Geely masih positif di tengah kondisi tersebut. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.