Sukses

Stiker Lucu untuk Mobil yang Disewa Wisatawan Asing

Pemerintah Hokkaido, menyediakan stiker khusus bagi mobil yang disewa wisatawan asing.

Liputan6.com, Hokkaido - Mobil rental biasa digunakan wisatawan asing untuk jalan-jalan di negara yang disinggahinya. Ini jadi solusi terutama jika moda transportasi massal tidak cukup ramah bagi mereka. Misalnya, tidak adanya penunjuk arah atau peta yang dapat dimengerti untuk mencapai destinasi wisata.

Namun ini tak lantas memuat mereka terbebas dari masalah. Ada saja insiden tak terduga yang muncul. Ini yang kemudian membuat pemerintah Prefektur Hokkaido, Jepang, membuat regulasi unik terkait mobil rental yang disewa wisatawan asing.

Seperti yang dilaporkan Mainichi, pemerintah setingkat provinsi ini telah menyiapkan 2.500 stiker yang akan ditempelkan pada mobil rental yang disewa wisatawan asing.

Pemerintah provinsi menilai pengemudi asing belum terlalu familiar dengan kondisi jalanan Hokkaido. Dengan stiker, diharap pengemudi lokal dapat lebih berhati-hati jika mengemudi di dekat mobil ini.

Selain sebagai aksi preventif, diharapkan orang lokal juga dapat lebih bersikap baik. "Ketika orang melihat mobil dengan stiker ini, kami ingin mereka bertindak ramah," ujar salah satu pejabat prefektur.

Adapun stiker tersebut didesain lumayan lucu, dengan latar putih, gambar rusa, tulisan `friendly driving`, Love In Hokkaido lengkap dengan bentuk pulaunya, serta tulisan Jepang yang berarti "seseorang dari negeri asing sedang mengemudi."

Stikernya sendiri berdimensi 14,5 sentimeter persegi. Stiker tidak ditempel, melainkan direkatkan dengan magnet.

Adapun, pada tahun fiskal 2014, sekitar 24 ribu penyewa mobil di Hokkaido berasal dari luar negeri. Jumlah ini melonjak tajam sejak 2012, di mana hanya tercatat ada 14 ribu orang asing yang menyewa mobil.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini