Sukses

Ranger Rover `KW` Laris di Tiongkok

Produsen lokal mendapat perlindungan dari pengadilan negeri di China.

Liputan6.com, Beijing - Fenomena mobil tiruan di China bukan sesuatu yang baru. Produsen lokal menjiplak mentah-mentah desain mobil bikinan Eropa untuk dipasarkan secara lokal.

Salah satu korban plagiarisme ala pabrikan China yaitu Jaguar Land Rover. Salah satu SUV mereka yaitu Range Rover Evoque desainnya ditiru oleh Jiangling Motor dengan menciptakan Land Wind X7.

Ini cukup menohok, karena di saat yang bersamaan JLR juga memproduksi Evoque di China. Penjualan Evoque bikinan China telah dimulai sejak tahun lalu yang langsung disusul Land Wind X7 beberapa waktu setelahnya, demikian dikutip Carbuzz.

JLR lantas mengajukan gugatan hukum kepada Jiangling Motor. Persepsi publik China melihat aksi JLR ini malah dianggap sebagai pelaku intimidasi produsen lokal.

Karena beragam sebab tadi, pabrikan asal Inggris ini kesulitan menuntut pelanggaran hak cipta pabrikan lokal di pengadilan China. Penjualan mereka akhirya rugi karena adanya versi tiruan Evoque.

Apabila JLR akhirnya menang, mereka dapat memotivasi merek-merek global lain untuk mengambil tindakan hukum atas aksi copycat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini