Sukses

Truk Volvo Tarik Peti Kemas Seberat 750 Ton

Volvo FH16 dipersenjatai girboks baru bernama iShift dengan tambahan gigi pendaki (crawler).

Liputan6.com, Gothenburg - Volvo sebagai salah satu produsen truk terkemuka ingin membuktikan kemampuan ciptaannya dalam menarik beban. Kali ini, pabrikan asal Swedia itu menyiapkan truk FH16 yang akan menarik peti kemas sebanyak 20 rangkaian.

Dilansir Rushlane, bobot keseluruhan peti kemas ini mencapai 750 ton dengan panjang rangkaian hingga 300 meter. Uji ketangguhan ini dilakukan di pelabuhan peti kemas Gothenburg, Swedia.

Disebutkan, sebagai truk terkuat di dunia, FH16 dipersenjatai girboks baru bernama iShift dengan tambahan gigi pendaki (crawler). Transmisi tersebut membuat truk dapat dengan mudah menarik beban hingga 325 ton.

iShift tersedia dengan rasio satu atau dua crawler yang membantu truk bergerak di kecepatan hingga 2 km/jam saat menarik muatan berat. Selain itu, transmisi ini dirancang 12 cm lebih panjang dari model terdahulu.

FH16 lantas dipaksa menarik bobot hingga lebih dari dua kali batas maksimum dalam upaya memecahkan rekor dunia. Dalam aksinya, FH16 dikemudikan oleh manusia terkuat asal dunia, Magnus Samuelsson dan dipandu langsung oleh wartawan truk terkenal Brian Weatherley.

Truk sempat tersentak dan terangkat bagian depannya ketika permulaan lomba karena rem yang terkunci. Namun kondisi ini segera teratasi dan Volvo FH16 berhasil merayap sejauh 100 meter merobek pita finish untuk mencatatkan rekor baru dunia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.