Sukses

Banyak Ragam Antena, Jenis Apa yang Ada di Mobil Anda?

Liputan6.com, Jakarta - Antena memiliki fungsi utama untuk menangkap sinyal, begitu pula antena mobil. Pada kendaraan roda empat tersebut, antena terdiri dari dua bagian, yaitu antena internal dan eksternal.

Sebagaimana namanya, antena eksternal terpasang di bagian luar mobil, semisal di kap atau atap. Sementara antena internal biasanya ada di dek mobil.

Menurut laman Toyota Astra, jika mobil menggunakan kaca film yang mengandung logam, maka yang cocok adalah antena digital internal yang berbentuk kotak hitam kecil dan plastik berbentuk antena.

Sementara untuk antena eksternal, secara umum, terdiri dari beberapa jenis, yaitu antena tarik, fixed, hiu, printed glass, dan motorized.

Pada antena tarik, maka yang harus diperhatikan adalah panjangnya. Jangan terlalu panjang untuk mencegah antena tersangkut batang pohon. Sementara jenis fixed, tinggi rendahnya antena tidak perlu lagi diatur.

Kemudian, seperti namanya, antena hiu memang mirip seperti sirip. Untuk memasang alat ini sangat mudah. Anda tinggal melepaskan antena standar, kemudian sambungkan kabelnya dengan antena sirip hiu.

Sementara untuk antena printed glass, laman Toyota Astra mengatakan bahwa antena berbentuk garis ini lebih kuat dibanding yang lain, karena posisinya yang ada di bagian dalam mobil, tepatnya di kaca samping belakang bagian dalam.

Terakhir, antena motorized, biasanya terdapat di mobil-mobil lawas. Antena ini terdiri dari motor listrik, gir utama, kabel nylon, dan pipa antena.

(rio/sts)