Sukses

Daihatsu Copen CVT Buat Kalangan Terbatas, Ini Alasannya

Liputan6.com, Denpasar Indonesia resmi menjadi negara kedua setelah Jepang yang memasarkan Daihatsu Copen. Sport coupe sedan ini ditawarkan dengan harga mulai dari Rp 416,550 juta on the road untuk pajak mobil pertama.

Ada dua tipe yang dipasarkan, yakni transmisi manual dan otomatis CVT. Namun untuk saat ini ADM hanya menawarkan tipe manual. Tipe CVT tetap ditawarkan namun ada syaratnya.

"Tahap awal kami hanya menjual yang manual. CVT kami jual hanya untuk Daihatsu family," ujar Amelia Tjandra, Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor di sela-sela acara Test Drive Copen di Denpasar, Bali, Kamis (28/5/2015).

Amelia beralasan transmisi CVT lebih ditujukan untuk karakter jalan yang mulus dan tidak berdebu seperti di jalanan Jepang. Sementara jalanan di Tanah Air banyak yang berlubang dan berdebu. Kondisi ini, menurut Amelia, bisa mengganggu kinerja sistem transmisi dan berpotensi menimbulkan bahaya.

"Kalau mobil ini kena banyak debu, dikhawatirkan bisa nge-lock (terkunci) dan mobil berhenti. Ini tentunya bisa membahayakan pengendara maupun pengguna jalan lainnya," ujar wanita ramah tersebut.

Sebenarnya pihaknya bisa saja memasarkan tipe CVT ke masyarakat luas, namun bertententangan dengan niatan prinsipal yang menjunjung tinggi keselamatan. Lagi pula ADM tidak memasang target untuk sport coupe sedan yang didatangkan langsung dari Jepang tersebut.

"Kami menghargai prinsipal yang begitu concern pada safety. Bukan takut mobilnya yang rusak tapi kami khawatirkan jiwa yang tidak bisa dibandingkan dengan besaran uang," pungkasnya.

(ian/sts)