Sukses

Ingin Punya Mobil Klasik? Yuk Simak Tips Membelinya

Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan dan lakukan sebelum membeli mobil klasik agar tidak sia-sia membeli.

Liputan6.com, Jakarta Membeli mobil klasik ibaratnya mengundang seseorang untuk bergabung menjadi anggota keluarga Anda. Bila ia memiliki karakter yang baik, itu sangat membantu karena Anda akan sangat menyukainya dan banyak menghabiskan waktu bersamanya. Terlebih lagi jika anda dapat menjaga dan merawatnya dengan baik.

Dalam kasus apapun, membeli mobil klasik untuk alasan spekulatif ibaratnya seperti membeli lukisan yang indah lalu menyimpannya dalam lemari besi. Mobil yang dirancang untuk bergerak, dan kondisinya dapat memburuk jika mereka tidak digunakan. Mengemudi mobil klasik dan menjaga mobil tersebut dalam keadaan fit adalah kesenangan utama dari memiliki mobil klasik.

Melansir laman Telegraph, Jumat (11/4/2014), ada beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan dan lakukan sebelum memiliki mobil klasik agar tidak sia-sia membeli "karya seni" tersebut.

 

Berikut adalah tips untuk membeli mobil klasik bagi pemula:

1. Tentukan Tujuan Utama Penggunaan

Banyak orang awam yang masih bingung dengan kegiatan apa yang cocok dilakukan dengan mobil klasik impian mereka.
Sebelum membeli mobil antik, tentukan jenis mobil apa yang yang Anda inginkan. Namun, yang tak kalah penting adalah kegiatan apa yang ingin Anda banyak lakukan dengan mobil antik tersebut.

2. Persiapkan Perawatan Secara Rutin

Mobil yang sudah cukup berumur pastinya membutuhkan banyak perhatian, terlebih mobil adalah benda bergerak yang membutuhkan kinerja komponen mesin yang cukup prima. Untuk mobil keluaran 1960-an, perawatan dilakukan tiap beberapa ribu kilometer tergantung frekuensi lamanya penggunaan.

Jenis mesin juga mempengaruhi cara perawatan. Mesin dengan empat silinder lebih mudah dirawat dibandingkan mesin mobil eksotis yang berkapasitas hingga 12 silinder yang akan memakan banyak waktu dan biaya dalam perawatan.

3. Kondisi Garasi yang Tidak Lembab

Mobil klasik memiliki kondisi yang mulai rapuh karena usia. Ditakutkan bila mobil klasik diparkirkan pada garasi yang lembab akan memunculkan banyak karat pada bodi bahkan mesin sehingga mengganggu kinerja dan penampilan mobil secara keseluruhan.

Untuk penyimpanan mobil klasik, Pastikan garasi Anda tidak lembab dan berantakan dengan suku cadang. Bila Anda tidak memiliki garasi yang cukup memadai, Anda dapat menyewa garasi atau lahan terdekat dari rumah anda yang memadai dan aman untuk tempat istirahat si mobil antik.

4. Cari referensi dan Cek Harga

Sebelum Anda membeli mobil klasik impian, alangkah baiknya bila Anda mengecek terlebih dahulu pasaran mobil antik tersebut di internet atau majalah. Bila perlu tanyakan kepada orang yang lebih paham mobil klasik atau klub penggemar mobil klasik.

Tiap mobil memiliki keunggulan dan kelemahan yang berbeda, jadi sebaiknya Anda cermati hal-hal penting yang menjadi point penting dari mobil klasik impian. Harga mobil klasik juga ditentukan oleh kondisi dan perawatan dari mobil itu sendiri.

5. Cek Orisinalitas Komponen Mobil

Mobil yang menggunakan komponen yang orisinal memiliki performa yang cukup prima. Dalam hal mobil klasik, orisinalitas komponen menjadi hal penting yang harus diperhatikan sebelum membeli karena nantinya akan berdampak pada pengeluaran untuk membeli komponen ketika terjadi kerusakan atau ketika servis rutin.

Penggunaan komponen yang bukan orisinal atau yang tidak direkomendsikan dikhawatirkan akan membuat biaya perawatan membengkak untuk memperbaiki bagian yang rusak akibat yang ditimbulkan dari pemakaian komponen yang tidak direkomendasikan.

6. Tes Drive

Sebelum membayar mobil klasik tersebut pastikan Anda telah mencobanya dalam tes drive. Anda dapat mengetahui kondisi langsung dari mobil yang akan Anda beli dengan mencobanya sendiri.

Performa dan masalah yang muncul pada mobil bisa Anda ketahui lebih awal sehingga Anda terhindar dari masalah yang bisa saja muncul setelah membeli mobil antik tersebut.

7. Gunakan Asuransi

Seperti halnya mobil keluaran terkini, mobil klasik juga membutuhkan asuransi untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan ketika digunakan selama perjalanan. Terkadang asuransi menerapkan sistem covering mobil antik berdasarkan jarak tempuh.

8. Gabung dengan Klub Mobil Klasik

Pemilik mobil klasik biasanya menjual dengan harga yang realistis bila menjual ke sesama anggota klub. Selain itu Anda juga dapat mengetahui riwayat mobil lebih jelas dari sang pemilik sebelumnya ketika membeli mobil klasik tersebut. Kenalan dari anggota klub juga bisa membantu Anda bila kesulitan dalam mencari suku cadang atau membeli mobil antik yang sulit dicari.

Apa pun yang Anda impikan dari mobil klasik idaman, luangkan waktu Anda untuk mencari tahu dan tahan godaan untuk membeli mobil pertama yang Anda lihat. Bila Anda sabar mencari dan menunggu maka Anda akan mendapatkan mobil klasik impian anda yang sangat bernilai.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.