Sukses

Toyota Indonesia Kini Dipimpin Orang Jepang, Kenapa?

Johnny Darmawan akhirnya digantikan oleh Hiroyuki Fukui yang sebelumnya menjabat Managing Officer.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah lebih dari satu dekade mendapuk Presiden Direktur PT Toyota-Astra Motor (TAM), Johnny Darmawan akhirnya digantikan oleh Hiroyuki Fukui yang sebelumnya menjabat Managing Officer Toyota Motor Corporation (TMC).

Apa alasannya Toyota Indonesia kini dipimpin orang Jepang setelah 43 tahun dipimpin orang lokal?

Rekam jejak Fukui di Toyota global diharapkan bukan hanya memperkuat posisi Toyota di pasar dalam negeri, tetapi juga memiliki peran penting dalam pasar otomotif global.

"Saya ucapkan apresiasi setinggi-tingginya kepada semua stakeholder dan kepada Indonesia atas kepercayaannya kepada Toyota selama ini," ujar Johnny dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, Jumat (4/4/2014).

Lebih lanjut, Johnny berharap pengaruh positifnya dalam perusahaan dapat terus ditingkatkan untuk  menciptakan industri otomotif yang lebih baik. Adapun, perubahan struktur manajemen efektif berlaku sejak 1 April dan berdasarkan keputusan dari Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).

Terpilihnya orang non-pribumi untuk menjabat Presiden Direktur TAM menuai pertanyaan. Sebab, mayoritas saham dimiliki oleh Grup Astra dengan 51%, sementara TMC hanya 49%. Dengan kondisi tersebut, sosok yang menduduki posisi tertingi TAM harusnya ditempati oleh pribumi.

Berikut struktur baru dari manajemen puncak PT Toyota-Astra Motor:

President Director: Hiroyuki Fukui
Vice President: Suparno Djasmin
Marketing Director: Rahmat Samulo
Marketing Director: Mamoru Akiyama

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini