Sukses

Coba Cara Ini untuk Merespon Perilaku Pasif-Agresif dengan Cepat

Bayangkan rekan kerjamu yang biasanya akrab denganmu tiba-tiba menghindar saat makan siang, lalu bersikap kesal ketika kamu meminta tolong untuk mengambil kopi untuknya. Ia jelas kesal denganmu, tetapi tidak mau mengatasinya.

Liputan6.com, Jakarta - Bayangkan rekan kerjamu yang biasanya akrab denganmu tiba-tiba menghindar saat makan siang, lalu bersikap kesal ketika kamu meminta tolong untuk mengambil kopi untuknya. Ia jelas kesal denganmu, tetapi tidak mau mengatasinya.

Ini adalah perilaku pasif agresif, yaitu orang yang kesulitan menangani konflik.

Seorang pakar public speaking, John Bowe mengatakan bahwa cara terbaik untuk menangani pasif-agresif adalah dengan menetralisirnya secara lembut dengan tindakan sebaliknya, seperti bertindak cepat dan berkomunikasi secara langsung dan terbuka.

“Ini membutuhkan keberanian. Namun dengan latihan, ketakutanmu terhadap konfrontasi akan berkurang.” kata John Bowe melalui artikel yang ditulisnya pada CNBC Make It.

Sebuah pertanyaan sederhana untuk menghentikan perilaku pasif-agresif

Saat menghadapi mereka adalah dengan bersikap tetap tenang dan lakukan tiga hal:

  1. Dekati orang tersebut dalam suasana pribadi di mana kalian berdua akan merasa nyaman untuk berbicara terus terang.
  2. Periksa bahasa tubuh dan nada suara yang kamu gunakan. Jika merasa kaku dan defensif, cobalah untuk rileks. Kamu ingin menyampaikan bahwa kamu benar-benar prihatin dan bertindak dengan itikad baik, bukan terlihat mengancam.
  3. Terakhir, tanyakan, “Bisakah kamu memberitahu saya apa yang mengganggumu?”

Hanya dalam tujuh kata, pertanyaan terakhir tersebut seringkali menyelesaikan masalah secara cepat. Jika orang tersebut memberitahu apa yang membuatnya kesal, kamu mungkin akan melanjutkan interaksi ramah yang normal dengan benar. Mungkin kamu akan menyadari bahwa itu adalah kesalahpahaman. Lebih lanjut, mungkin ini adalah masalah yang lebih dalam yang memerlukan waktu untuk diselesaikan.

Apapun kasusnya, hal penting untuk mengelola momen ini dengan tuntas adalah setelah mengajukan pertanyaan, lalu kamu diam dan mendengarkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cara memberikan permintaan maaf yang bermakna saat dibutuhkan

Saat kolega kamu merespons, berikanlah jeda. Ini mungkin tidak masuk akal atau mungkin tampak tidak adil, bahkan tidak akurat. Namun, jangan menjawab sampai kamu meluangkan waktu untuk menyerapnya.

Jika mereka kesal karena alasan yang memerlukan permintaan maaf, kamu perlu bersikap diplomatis. Permintaan maaf yang benar dan kuat tidak pernah disertai alasan atau pembelaan. Fokuslah pada kesalahan yang kamu lakukan dan bukan pada yang lain.

Jangan berasumsi dengan jelas bahwa kamu menyesal. Ucapkan kata-kata yang sebenarnya, “Saya minta maaf,” dan bersungguh-sungguh.

  • Contoh permintaan maaf yang buruk: “Ya ampun, saya tidak tahu. Kenapa kamu tidak memberitahuku?”
  • Contoh permintaan maaf yang baik: “Maaf, hal itu tidak terpikir oleh saya. Kamu benar. Saya akan mencoba untuk tidak melakukannya lagi.”

Hal yang terpenting, tahan keinginan untuk berdebat. Tujuannya bukan untuk menjadi benar atau membuktikan rekan kamu salah. Namun, tujuannya adalah memulihkan ruang percakapan yang aman.

Jangan meminta maaf jika terasa palsu. Akan tetapi, beri mereka rasa hormat karena melakukan percakapan ini. Apakah kamu senang mereka menjawab? Ucapkan terima kasih kepada mereka karena telah menjawab. Apakah kamu mau memikirkan apa yang mereka katakan? Biarkan mereka tahu. Apakah hubunganmu penting? Katakan pada mereka.

Pada akhirnya, kamu hanya bisa mengendalikan perilaku diri sendiri

Apa yang kamu lakukan jika kamu mengajukan pertanyaan atas masalah yang kalian alami dan jawaban mereka hanya “Oh, tidak ada yang salah” ? Hal itu bisa terjadi.

Jika kolega kamu takut akan konflik atau lebih memilih untuk menahan amarahnya daripada mencari penyelesaian, setidaknya kamu telah memberi label pada konflik tersebut dan mempersulit mereka untuk berpura-pura bahwa konflik tersebut bukanlah apa-apa.

Kamu telah melakukan apa yang kamu bisa dengan bersikap langsung, dan telah memperjelas bahwa kamu terbuka untuk berdiskusi kapanpun mereka siap untuk melanjutkan. Untuk saat ini, biarkan mereka yang menentukan apa yang mereka mau.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.