Sukses

Awali Pagi dengan Syukur dan Afirmasi Diri Buat Hari Lebih Baik

Tidak dapat dipungkiri bahwa kita akan mengalami stres pada suatu saat dalam keseharian kita yang disebabkan oleh tantangan hidup, semisal konflik hubungan dan beban pekerjaan.

Liputan6.com, Jakarta - Tidak dapat dipungkiri bahwa kita akan mengalami stres pada suatu saat dalam keseharian kita yang disebabkan oleh tantangan hidup, semisal konflik hubungan dan beban pekerjaan.

Namun ada perubahan kecil yang bisa Anda lakukan untuk menenangkan diri dan merasakan kelegaan di tengah-tengah itu semua.

Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan rekomendasi umum untuk mengurangi stres seperti mengurangi waktu di depan layar atau pergi ke gym, yang menurut Tiffany M. Stevens, terapis yang berbasis di Chicago dan pemilik Graceful Growth Counseling, itu merupakan pilihan yang bagus.

Namun, mungkin sulit untuk tidak menggunakan media sosial atau meluangkan waktu untuk berolahraga secara teratur.

Jika Anda mencari perubahan sederhana yang bisa Anda lakukan hari ini, inilah metode yang Stevens rekomendasikan untuk menghilangkan stres di setiap pagi.

"Saya percaya bahwa memulai [hari] dengan sebuah afirmasi sangat membantu. Memulai dengan rasa syukur itu sangat besar," kata Stevens kepada CNBC Make It.

"Dan itu adalah hal-hal yang bisa Anda lakukan saat menyikat gigi, saat Anda mandi, saat Anda membuat sarapan. Hanya dengan benar-benar memperhatikan pikiran-pikiran yang sedang Anda alami."

Bahkan beberapa orang yang paling sukses pun meluangkan waktu untuk berpikir positif dan bersyukur di awal hari.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Awali Pagi Dengan Bersyukur dan Kalimat Afirmasi Kepada Diri Sendiri

 

Jika Anda kebingungan tentang afirmasi apa yang bisa diucapkan di pagi hari, coba ini:

  • Saya bisa mengontrol suasana hati dan perasaan saya dengan baik
  • Saya akan memulai hari dengan segar dan kegiatan produktif
  • Saya yakin bisa menyelesaikan dan menghadapi tantangan yang akan saya hadapi hari ini
  • Saya akan melupakan masa lalu dan fokus kepada hari ini untuk dijalani lebih baik daripada kemarin
  • Saya layak mendapatkan cinta dan perlakuan yang baik

Maestro media Oprah Winfrey mengatakan kepada CNN pada tahun 2018 bahwa dia memulai setiap pagi dengan mengucapkan terima kasih kepada dirinya sendiri.

Bagi sebagian orang, mengucapkan afirmasi mungkin terasa tidak nyaman, terutama jika Anda tidak mempercayainya, kata Stevens.

Jika ini adalah sesuatu yang membuat Anda kesulitan, ia menyarankan untuk mengganti kata "Saya" dengan "Saya memilih" atau "Saya sedang mengusahakannya" agar Anda merasa lebih terhubung dengan apa yang Anda tegaskan.

"Di dunia di mana kita merasa tidak memiliki kendali atas banyak hal, kita selalu memiliki kendali atas pikiran kita," kata Stevens.

"Beberapa dari afirmasi ini mungkin terlihat sangat kecil, dan saya menyukainya karena kita membutuhkan langkah-langkah kecil untuk membantu kita melakukan perubahan besar. Tidak ada yang akan menjadi master pada awalnya, jadi Anda harus memantapkan diri Anda. Anda terus mengambil langkah-langkah kecil, dan pada akhirnya Anda akan mengganti perilaku lama yang sudah ketinggalan zaman yang tidak lagi bermanfaat bagi Anda dengan rutinitas dan afirmasi yang baru dan lebih positif." tutupnya.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini