Sukses

Konsultan Sebut Orang Sukses Menyerah Bukan Berarti Gagal, Begini Penjelasannya

Alih-alih memikirkan keputusan “benar” atau “salah”, Duke merekomendasikan untuk mengamati proses pengambilan keputusan Anda saat ini, sehingga dapat belajar dan belajar darinya nanti.

Liputan6.com, Jakarta Menyerah bukan berarti kalah. Namun, orang yang sangat sukses akan tahu persis waktu untuk menyerah.

“Grit itu bagus. Kadang-kadang, Anda melihat sesuatu yang tidak dilihat orang lain,” kata seorang konsultan Annie Duke seperti melansir CNBC, Minggu (18/6/2023).

“Tapi terkadang, ketika dunia meneriaki Anda untuk berhenti dan Anda mengabaikannya, itu bukan lagi sebuah kebajikan, itu kebodohan,” tambah dia.

Dia menuturkan, ketakutan orang untuk menyerah berasal dari dua bias kognitif yang berbeda, yaitu kekeliruan biaya yang hilang dan pengabaian biaya peluang.

Kekeliruan sunk-cost adalah ketika Anda mencurahkan banyak uang, tenaga, atau waktu ke dalam sebuah proyek. Kemudian menggunakannya sebagai alasan untuk tetap membelanjakan sumber daya — bahkan jika ada alasan untuk percaya bahwa proyek tersebut mungkin gagal — karena Anda tidak menginginkannya, investasi awal Anda menjadi sia-sia.

Ini dapat mencakup bertahan dengan proyek di tempat kerja yang tidak menguntungkan, dengan harapan suatu hari akan menguntungkan, atau mengejar jurusan di perguruan tinggi yang tidak Anda sukai karena Anda tidak ingin membuang-buang uang, jelas Duke.

“Itu salah karena sudah dihabiskan,” katanya. “Yang benar-benar penting adalah apakah menit, dolar, atau upaya berikutnya yang Anda lakukan dalam proyek itu bermanfaat.”

Pengabaian biaya peluang adalah ketika “keuntungan sebelumnya dari pilihan tidak dipilih”, menurut sebuah studi 2020 di Journal of Economic Behavior and Organization. Sederhananya, orang sulit melihat kebaikan yang bisa datang dari mengubah cara mereka melakukan sesuatu.

Duke melihat masalah ini dalam perannya sebagai konsultan perusahaan. Dia mengatakan bahwa kliennya akan menghindari pemecatan karyawan yang berkinerja buruk karena takut orang berikutnya yang mereka pekerjakan akan menjadi lebih buruk.

“Yang mereka abaikan adalah keuntungannya,” kata Duke. “Salah satu hal yang saya coba lakukan dengan mereka adalah saya berkata, ‘Baik, bayangkan Anda membiarkan orang ini pergi dan tidak ada orang yang berperan? Apakah akan lebih baik atau lebih buruk?’.″

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pilih Jalan Berpeluang

Belajar untuk tidak menolak perubahan bisa memakan waktu. Alih-alih memikirkan keputusan “benar” atau “salah”, Duke merekomendasikan untuk mengamati proses pengambilan keputusan Anda saat ini, sehingga dapat belajar dan belajar darinya nanti.

“Ini soal berpikir secara eksplisit tentang jalan mana yang lebih mungkin untuk membantu Anda mencapai tujuan,” katanya. “Ketika melakukan ini, Anda benar-benar dapat menuliskannya. Apa yang saya pikirkan saat itu? Mengapa saya memilih jalan yang saya pilih? Dan sekarang jauh lebih mudah untuk belajar dari itu.”

Tentu saja, menyerah tidak selalu merupakan langkah yang tepat. Anda hanya perlu belajar cara mengenali saat-saat ketika Anda terlalu keras kepala, kata Duke.

Pendiri Amazon Jeff Bezos, misalnya, sebelumnya telah berbicara tentang nilai kegigihan untuk sukses. Dia mereferensikan Amazon Game Studios, yang akhirnya merilis hit pertamanya pada 2021 setelah bertahun-tahun berjuang.

“Setelah banyak kegagalan dan kemunduran dalam bermain game, kami sukses,” tulis Bezos di Twitter saat itu. “Sangat bangga dengan tim atas kegigihannya. Lihat kemunduran sebagai hambatan bermanfaat yang mendorong pembelajaran. Apa pun tujuan Anda, jangan menyerah tidak peduli seberapa sulitnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini