Sukses

Ketahui Jenis, Penyebab, Pengobatan, Hingga Pencegahan Jerawat Rekomendasi dari Ahli

Tidak perlu khawatir, pengobatan yang tepat dapat mencegah potensi bekas jerawat permanen.

Liputan6.com, Jakarta Masalah umum yang sering dihadapi seseorang baik wanita maupun pria adalah jerawat. Beberapa orang mengaitkan jerawat ini dengan masa remaja, pubertas, dan dapat terjadi di setiap tahap kehidupan.

Lantas, apa saja jenis, penyebab, dan cara mencegah jerawat?

Tidak perlu khawatir, pengobatan yang tepat dapat mencegah potensi bekas jerawat permanen. Sementara dokter kulit mungkin menyarankan pilihan pengobatan untuk kasus yang lebih parah. Namun, jerawat ringan seringkali dapat diobati di rumah dengan produk yang dijual bebas, seperti benzoil peroksida dan topikal retinoid.

Dilansir dari Forbes Health, Jumat (28/4/2023), jerawat adalah gangguan kulit inflamasi yang disebabkan oleh folikel rambut yang tersumbat. Kulit secara alami menghasilkan sebum atau minyak melalui kelenjar sebaceous yang terhubung ke folikel rambut. Sebum biasanya keluar dari permukaan kulit melalui pori-pori, yang merupakan bukaan di dalam folikel.

Sebum, sel kulit mati, dan rambut dapat menyumbat pori-pori, yang mencegah sebum mencapai permukaan kulit. Hal itu menyebabkan bakteri tumbuh di dalam folikel yang tersumbat. Bakteri yang terperangkap kemudian dapat menyebabkan peradangan pada kulit dan akhirnya menyebabkan terbentuknya lesi kulit atau jerawat, yaitu benjolan berisi nanah.

Jenis Jerawat

Ada beberapa jenis jerawat, tetapi paling mudah untuk membaginya menjadi dua kategori umum, yaitu peradangan dan non-inflamasi, kata dokter kulit DO dan salah satu pendiri Skin Center Boston Vladyslava Doktor.

Jerawat non-inflamasi biasanya muncul sebagai komedo terbuka (blackheads) atau komedo tertutup (whiteheads). Blackheads adalah pori-pori terbuka yang tersumbat, artinya sebagian terbuka ke udara. Di sisi lain, whiteheads adalah pori-pori yang tersumbat seluruhnya.

Sementara itu, jerawat yang meradang dapat muncul sebagai papula (benjolan merah atau lunak), pustula (benjolan berisi nanah), nodul, (benjolan yang lebih besar dan lebih lunak) dan jerawat kistik (benjolan dalam berisi cairan), jelas Doktor.

Meskipun paling sering di wajah, jerawat juga bisa muncul di seluruh tubuh di tempat-tempat seperti leher, dada, bahu, dan punggung atas.

Penyebab Jerawat

Jerawat dan reaksi, seperti jerawat bersifat multifaktorial, artinya beberapa penyebab mendasar dapat berperan, kata dokter kulit bersertifikat, ahli bedah kulit, dan pendiri serta direktur Spectrum Skin and Laser in Purchase, New York Jeremy Brauer.

Faktor-faktor yang dapat menyebabkan atau berkontribusi pada perkembangan jerawat meliputi:

a. Penumpukan sel kulit mati yang menyumbat folikel

b. Produksi minyak berlebih di kelenjar sebaceous

c. Pertumbuhan bakteri atau jamur di dalam folikel

d. Peningkatan atau ketidakseimbangan androgen (hormon seks pria)

e. Genetika dan riwayat keluarga

f. Obat-obatan tertentu, seperti kortikosteroid atau lithium

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cara Mengobati Jerawat

“Pengobatan jerawat bergantung pada jenis dan tingkat keparahan jerawat,” kata Brauer. “Biasanya, pasien dengan jerawat ringan dapat menerima perawatan di rumah dengan produk yang dijual bebas, nonkomedogenik (tidak menyumbat).”

Misalnya, benzoil peroksida dapat membunuh bakteri. Menurut Doktor, secara tidak langsung juga dapat mengurangi sifat berminyak dengan mengeringkan kulit. Ini dapat digunakan dalam kombinasi dengan antibiotik topikal atau retinoid.

Sementara retinoid adalah produk berbasis vitamin A yang dapat mengurangi peradangan, mencegah pembentukan jerawat, dan membantu pencegahan jaringan parut.

Adapun perawatan lain yang berpotensi efektif untuk jerawat. Itu termasuk asam salisilat, belerang, dan resorsinol, yang dapat membantu mengatasi komedo putih dan komedo.

Saat menentukan produk yang tepat untuk rutinitas perawatan kulit di rumah, penting untuk memilih opsi yang tidak mengandung zat yang berpotensi mengiritasi, seperti pewangi, yang dapat menyebabkan respons alergi pada beberapa orang.

Selain itu, Doktor juga menyarankan untuk menghindari produk perawatan kulit yang mengandung minyak, seperti minyak pohon teh atau minyak jojoba. “Mereka dapat mengiritasi kulit, menyebabkan lebih banyak peradangan atau semakin menyumbat pori-pori,” katanya. “Saya tidak memiliki pendapat yang kuat, tetapi saya biasanya menyarankan untuk menjauh [dari minyak] jika berjerawat,” tambah Brauer.

Mencegah Jerawat

Jerawat tidak selalu bisa dicegah, apalagi jika sifatnya hormonal. Namun, ada kemungkinan untuk mengurangi peluang Anda mengembangkan atau memperburuk jerawat melalui perubahan gaya hidup.

Menurut Brauer dan Doktor, berikut ini tips mencegah jerawat:

a. Menerapkan rutinitas perawatan kulit secara teratur

b. Menghapus riasan setiap hari

c. Eksfoliasi beberapa kali per minggu

d. Meminimalkan atau menghindari makanan yang dapat memicu munculnya jerawat

e. Hindari menyentuh wajah atau memencet jerawat

Selain itu, penting untuk menghindari rutinitas perawatan kulit yang terlalu lama. Menurut Doktor, menggunakan lebih dari lima produk dalam sekali duduk mungkin akan lebih banyak merugikan daripada menguntungkan. “Ini seringkali dapat menyebabkan munculnya jerawat yang akan bertahan lebih lama,” katanya.

Brauer menyarankan melakukan rutinitas yang lebih sederhana saja yang terdiri dari pembersih dan pelembab nonkomedogenik. Jika Anda bingung, tanyakan rekomendasi dokter kulit tentang produk perawatan kulit yang dijual bebas.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini