Sukses

Buat Wanita, Begini Pengobatan Rumahan Mengatasi Infeksi Vagina

Terjadinya infeksi jamur vagina ini ketika Anda memiliki pertumbuhan jamur Candida yang berlebihan.

Liputan6.com, Jakarta Infeksi jamur vagina adalah salah satu jenis infeksi jamur pada area vagina. Gejala yang mungkin dirasakan biasanya menimbulkan rasa terbakar, gatal, dan keluarnya cairan putih kental. Masalah ini dapat diatasi salah satunya dengan pengobatan rumahan.

Terjadinya infeksi jamur vagina ini ketika Anda memiliki pertumbuhan jamur Candida yang berlebihan. Melansir  Healthgrades, Jumat (10/3/2023), berikut ini beberapa cara mengobati infeksi jamur vagina yang bisa Anda lakukan.

Perawatan tanpa resep

Toko obat atau apotek lokal daerah rumah Anda mungkin menjual krim over-the-counter (OTC) yang dapat dibeli untuk mengobati infeksi jamur. Selain di toko, beberapa krim ini pun tersedia online.

Obat-obatan tersebut mengandung bahan antijamur yang biasanya diakhiri dengan -azol. Misalnya, flukonazol dan mikonazol. Krim vagina juga mengandung steroid untuk membantu meredakan ketidaknyamanan.

Sementara untuk perawaran mungkin bisa sebagai tablet oral, krim, atau supositoria vagina. Jenis obat menentukan lamanya perawatan. Jadi, gunakan perawatan ini sesuai petunjuk pada kemasan.

1. Asam borat

Asam borat adalah asam yang memiliki sifat antijamur dan antivirus ringan. Beberapa penggunaan asam borat termasuk mengobati infeksi jamur dan sariawan.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) menyarankan penggunaan 600 miligram asam borat jika Anda mengalami infeksi jamur vagina berulang. Asam borat tersedia dalam kapsul gelatin yang dapat Anda masukkan ke dalam vagina sekali sehari selama 3 minggu atau sesuai indikasi.

Obat ini paling efektif untuk infeksi berulang dibandingkan dengan infeksi satu kali.

2. Minyak pohon teh

Minyak pohon teh berasal dari tanaman asli Australia Melaleuca alternifolia. Ini mengandung sifat yang dapat membantu melawan berbagai macam virus, bakteri, dan jamur, termasuk ragi.

Menurut sebuah studi pada 2015, minyak pohon teh efektif dalam membantu mengobati jamur Candida. Namun, para peneliti memperingatkan agar tidak mengonsumsi minyak pohon teh secara oral. Mereka menyarankan itu hanya sebagai obat topikal untuk menghindari toksisitas.

Selain itu, minyak pohon teh juga dapat menyebabkan iritasi kulit dan reaksi alergi. Sebelum mempertimbangkan minyak sebagai perawatan, uji minyak yang diencerkan pada area kecil di lengan bawah Anda. Jika tidak ada reaksi, seperti kemerahan atau iritasi, setelah 24 jam, kemungkinan aman untuk Anda gunakan.

Minyak atsiri perlu diencerkan dengan minyak pembawa. Anda bisa mengencerkannya dengan memasukkan tiga hingga lima tetes minyak pohon teh ke dalam 1 ons minyak kelapa hangat. Salah satu caranya adalah merendam tampon dalam campuran ini lalu memasukkannya ke dalam vagina. Pastikan untuk mengganti tampon secara teratur.

Beberapa penelitian menunjukkan, minyak atsiri mungkin menawarkan manfaat kesehatan. Namun, perlu diingat bahwa Food and Drug Administration (FDA) tidak memantau minyak atsiri untuk kemurnian dan kualitasnya. Selalu diskusikan produk baru dengan dokter Anda, dan teliti produk merek secara menyeluruh sebelum Anda mulai menggunakannya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Minyak kelapa

Menurut sebuah studi pada 2007, minyak kelapa mungkin efektif dalam melawan Candida.

Minyak kelapa biasanya menenangkan dan tidak menyebabkan iritasi kulit. Namun, yang terbaik adalah mengujinya terlebih dahulu di area kulit Anda, seperti lengan bawah, untuk melihat apakah ada reaksi. Jika tidak ada reaksi kulit setelah 24 jam, Anda boleh mengoleskannya ke alat kelamin Anda.

Anda juga bisa menggunakan minyak kelapa sebagai minyak pembawa untuk minyak esensial. Beberapa minyak esensial juga dapat membantu meredakan infeksi jamur vagina.

Anda dapat membeli minyak kelapa di banyak toko kelontong dan toko makanan kesehatan atau daring. Perlu diingat bahwa beberapa merek lebih cocok untuk memasak daripada kulit.

4. Minyak esensial Oregano

Minyak Oregano adalah minyak esensial lainnya. Minyak ini berasal dari oregano liar, Origanum vulgare, dan memiliki sifat antijamur.

Sebuah studi 2021 menemukan bahwa minyak esensial oregano dapat membantu memecah biofilm yang dibentuk oleh ragi Candida. Tanpa biofilm, ragi tidak dapat bertahan hidup.

Campurkan tiga hingga lima tetes minyak oregano dengan 1 ons kelapa hangat atau minyak zaitun untuk mengencerkannya. Uji campuran tersebut di lengan bawah Anda selama 24 jam sebelum mengoleskannya ke area vagina Anda.

Anda juga bisa merendam tampon dengan campuran minyak dan memasukkannya ke dalam vagina Anda. Ganti tampon secara teratur.

5. Cuka sari apel

Cuka sari apel adalah sejenis cuka yang terbuat dari jus apel yang difermentasi. Kegunaan umum termasuk memasak atau saus salad, tetapi mungkin juga memiliki beberapa efek kesehatan yang bermanfaat.

Sebuah studi kasus dari 2017 melaporkan bahwa seorang wanita berusia 32 tahun berhasil menggunakan cuka sari apel untuk mengobati infeksi jamur vaginanya. Ini setelah obat tidak bekerja untuk infeksi jamurnya.

Karena cuka sari apel bersifat asam, mengoleskannya langsung ke area vagina dapat menyebabkan rasa sakit. Daripada aplikasi topikal, gunakan cuka sari apel melalui mulut. Lakukan ini dengan mengencerkan cuka ke dalam air dan meminum campurannya.

 

3 dari 4 halaman

6. Suplemen probiotik

Vagina Anda mengandung kumpulan bakteri dan ragi yang baik. Ketika tidak ada cukup bakteri baik, keseimbangannya mati, membiarkan terlalu banyak ragi tumbuh. Inilah yang terjadi ketika Anda mengalami infeksi jamur.

Beberapa suplemen probiotik dapat membantu mengembalikan keseimbangan bakteri Anda dan membantu membersihkan infeksi jamur Anda. Mereka tersedia untuk dibeli di sebagian besar apotek dan toko kesehatan atau online.

Tinjauan dari 2020 melaporkan bahwa menerapkan probiotik yang mengandung Lactobacillus dan Lactoferrin dapat membantu mengurangi pertumbuhan berlebih ragi. 

7. Yoghurt alami

Yoghurt alami tanpa rasa dan tanpa pemanis mengandung probiotik alami. Bakteri menguntungkan ini dapat membantu memulihkan keseimbangan bakteri-ke-ragi Anda.

Meskipun diperlukan lebih banyak penelitian, makan yogurt alami setiap hari atau mengoleskannya ke vagina Anda dapat membantu mengobati infeksi jamur vagina Anda.

8. Bawang putih

Meskipun tidak ada bukti ilmiah yang mendukung makan bawang putih untuk mengobati infeksi jamur vagina, ada studi kasus yang mendukung penggunaannya sebagai supositoria vagina.

Salah satu caranya adalah dengan mengikat siung bawang putih dengan tali dan memasukkannya ke dalam vagina tepat sebelum tidur. Biarkan siung tetap semalaman. Jika Anda merasa terbakar atau sakit, lepaskan cengkeh dan hentikan penggunaan.

Metode lain yang ditemukan untuk mengobati infeksi jamur vagina adalah krim vagina yang mengandung bawang putih dan thyme. Dalam sebuah studi kecil 2010, krim itu sama efektifnya dalam mengobati infeksi jamur vagina seperti krim obat klotrimazol.

Namun, bicaralah terlebih dahulu dengan dokter Anda sebelum mencoba pengobatan rumahan apa pun untuk mengatasi infeksi jamur. 

 

4 dari 4 halaman

Gejala dan Pencegahan

Gejala umum infeksi

Gejala umum infeksi jamur vagina meliputi:

a. gatal di dalam dan sekitar vagina

b. nyeri saat buang air kecil

c. rasa terbakar, kemerahan, atau bengkak pada vulva

d. rasa sakit saat berhubungan seks

e. keputihan kental seperti keju cottage

Infeksi berulang seringkali memerlukan obat resep bersama pengobatan rumahan untuk pengobatan yang efektif.

Mencegah infeksi jamur

Infeksi jamur vagina sering terjadi, tetapi beberapa langkah sederhana dapat membantu mencegahnya:

a.      Hindari douching dan menggunakan semprotan vagina, parfum, dan lotion.

b.      Kenakan celana dalam katun dan pakaian longgar.

c.       Hindari mengenakan jeans ketat dan pantyhose, terutama di cuaca hangat.

d.      Ganti pakaian olahraga Anda sesegera mungkin.

e.      Kurangi atau batasi asupan gula Anda, karena ragi memakan gula.

f.        Ambil probiotik atau makan yogurt alami setiap hari.

g.      Gunakan pelumas berbahan dasar air saat berhubungan seks.

h.      Buang air kecil setelah berhubungan badan.

Jadi, infeksi jamur vagina ini merupakan infeksi umum yang mungkin dapat Anda obati dengan pengobatan rumahan. Tidak semua pengobatan rumahan memiliki banyak bukti ilmiah, tetapi mungkin patut dicoba, terutama untuk infeksi berulang, karena risikonya rendah.

Namun, sebelum mencoba pengobatan rumahan, bicarakan dengan ahli kesehatan untuk konfirmasi bahwa Anda memiliki infeksi jamur. Gejala infeksi jamur mirip dengan infeksi lain yang lebih serius yang memerlukan perawatan lebih ketat.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.