Sukses

Hai Ladies, Ini Dia 5 Buah Mampu Melawan Kulit Kering dan Kusam

Lantas, apa saja buah-buahan yang bisa membantu merawat kulit kering dan mencegah kulit kusam?

Liputan6.com, Jakarta Tidak hanya air, agar memiliki kulit sehat dan tidak kering juga bisa didukung dari buah-buahan yang dikonsumsi sehari-hari. Namun perlu digarisbawahi, tidak semua jenis buah bisa membantu merawat kulit.

Seperti yang diketahui, tubuh cepat mengalami dehidrasi dan untuk memenuhinya tidak selalu dengan air. Jika Anda adalah orang yang lebih suka mengonsumsi buah-buahan atau sayuran sebagai asupan air harian, itu pun hal yang baik bahkan bisa juga sekaligus merawat kulit. Meskipun, itu tergantung pada kadar air yang dibutuhkan setiap buah atau sayuran.

Lantas, apa saja buah-buahan yang bisa membantu merawat kulit kering dan mencegah kulit kusam?

Dilansir dari Pinkvilla, Selasa (1/11/2022), berikut ini buah yang bisa membantu mencegah kulit kering dan kusam.

1) Mangga

Buah mangga paling baik dikonsumsi sebagai buah dalam esensi mentahnya. Sebab, mangga dikemas dengan flavonoid dan vitamin A, E, C, dan K. Jadi, buah satu ini bisa membantu meredakan peradangan, menghidrasi kulit, meningkatkan kilau kulit, dan memperbaiki tekstur.

2) Jeruk

Jika Anda menyukai jeruk, buah satu ini kaya akan antioksidan yang dapat membantu kulit berpigmen, menua, kering dan kusam. Selain itu, juga membantu meningkatkan produksi kolagen, mencerahkan, memudarkan bintik hitam, mengurangi tanda-tanda penuaan dini, dan memberi nutrisi pada kulit.

3) Semangka

Buah satu ini menjadi pemenang yang dapat mendinginkan tubuh. Itu karena buah semangka mengandung 92 persen air. Selain itu, buah semangka juga memiliki segala vitamin C, A, B1, B6, dan Lycopene. Vitamin itulah yang bekerja untuk menjaga garis-garis halus dan kerutan, memperbaiki tekstur kulit dan membuatnya bersinar, yang terakhir melindungi kulit Anda dari kerusakan lebih lanjut.

4) Alpukat

Buah alpukat dianggap mampu melembapkan kulit. Karena mengandug asam lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda, vitamin, serat makanan, lutein, dan zeaxanthin, alpukat dapat bermanfaat bagi kulit. Dari menawarkan sifat anti-inflamasi hingga mencegah kerusakan kulit yang disebabkan oleh sinar UV hingga mengencangkan kulit. Anda bisa menggunakan buah alpukat untuk merawat kulit dengan menggunakannya sebagai masker wajah.

5) Tomat

Semua antioksidan dan vitamin C yang tergabung di dalam tomat mampu membawa mencerahkan dan membantu menghilangkan komedo. Selain itu, buah merah ini juga membantu mengurangi ukuran pori-pori, melawan jerawat, menenangkan kulit terbakar sinar matahari, dan mengontrol produksi minyak berlebih.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.