Sukses

Selain Jadi Pelengkap Bumbu Masakan, Ini Dia 6 Khasiat Bawang Putih Buat Kesehatan Tubuh

Manfaat kesehatan bawang putih di antaranya berperan dalam kepadatan tulang, menenangkan peradangan dan infeksi, menjaga kesehatan kulit, mencegah kanker, dan area lainnya.

Liputan6.com, Jakarta Bawang putih menjadi salah satu bahan pelengkap masakan. Namun selain itu, bawang putih juga ternyata berkhasiat dan memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh. Salah satunya untuk pencegahan kanker.

Tanpa disangka, bawang putih menyediakan berbagai elemen yang penting untuk kesehatan secara keseluruhan. Karena manfaat nutrisi bawang putih dan bahan kimia yang dikandungnya, ekstrak bawang putih pun dapat memberikan berbagai kemungkinan manfaat kesehatan.

Manfaat kesehatan bawang putih di antaranya berperan dalam kepadatan tulang, menenangkan peradangan dan infeksi, menjaga kesehatan kulit, mencegah kanker, dan area lainnya.

Tidak hanya itu, masih ada manfaat lain yang ditawarkan dari bawang putih. Dilansir dari laman Pinkvilla, Kamis (20/10/2022), berikut ini manfaat bawang putih yang perlu Anda ketahui.

1. Membantu peningkatan memori

Beberapa komponen ekstrak bawang putih mungkin bersifat neuroaktif, yang berarti dapat merangsang jaringan saraf. Kemampuan belajar dan memori dipengaruhi secara positif oleh komponen bawang putih, yang juga meningkatkan kesehatan otak.

2. Bermanfaat untuk kesehatan dan nutrisi usus

Sebagai prebiotik, bawang putih dapat mendukung pertumbuhan bakteri menguntungkan di saluran pencernaan. Suplemen makanan bawang putih dapat membantu menjaga kesehatan usus dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Bahkan kesehatan atau pengoperasian sistem fisiologis lainnya dapat didukung oleh kesehatan usus yang baik.

3. Membantu sistem kekebalan tubuh

Karena sifat antivirusnya, bawang putih berguna dalam mengobati penyakit, seperti flu biasa. Ekstrak bawang putih telah terbukti dalam penelitian efektif melawan rotavirus, HIV, herpes simpleks, rhinovirus, dan influenza A dan B.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Manfaat Lain

4. Antioksidan yang efektif

Antioksidan yang merupakan bahan kimia yang membantu melindungi sel-sel kita dari kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas ditemukan dalam bawang putih. Penyakit jantung, kanker, radang sendi, dan stroke semuanya terkait dengan kerusakan oksidatif, yang juga mempercepat penuaan.

5. Menurunkan risiko penyakit jantung

Ada berbagai cara makan bawang putih dan dapat mengurangi peluang Anda terkena penyakit kardiovaskular, seperti penyakit jantung dan stroke. Faktanya, suplemen bawang putih secara signifikan menurunkan tekanan darah pada mereka yang memiliki tekanan darah tinggi.

6. Menurunkan kadar glukosa darah

Manfaat bawang putih terakhir adalah dapat membantu seseorang dengan diabetes dalam mengelola kadar gula darah (glukosa). Hal ini karena pengaruhnya terhadap insulin, hormon pankreas yang memfasilitasi penggunaan glukosa oleh tubuh untuk energi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.