Sukses

Punya Komedo di Hidung? Begini 8 Trik Menghilangkannya

Jika berurusan dengan komedo, Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana cara menghilangkannya apalagi jika muncul di sekitar hidung.

Liputan6.com, Jakarta Komedo di hidung dapat dihilangkan atau dicegah dengan kebersihan kulit. Selain itu, juga perlu dibantu dengan penggunaan produk-produk seperti retinoid dan exfoliator kimia. Sebab, mencegah folikel rambut yang tersumbat dapat membantu.

Dilansir dari Healthline, Selasa (18/10/2022), komedo adalah jerawat yang muncul ke permukaan kulit. Ketika pori-pori tersumbat dan menutup, itu dikenal sebagai whitehead.

Akan tetapi, ketika bagian atas tetap terbuka dan komedo terbentuk, banyak orang mengira komedo hitam atau blackhead karena itulah kotoran yang tersumbat di pori-pori. Padahal blackhead atau berwarna abu-abu gelap itu karena minyak dan kulit mati yang menyumbat pori-pori berubah menjadi hitam ketika bersentuhan dengan udara.

Jika berurusan dengan komedo, Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana cara menghilangkannya apalagi yang muncul di sekitar hidung.

Bagi yang tengah berjuang menghilangkan komedo di hidung, Anda bisa coba beberapa tips berikut ini di rumah.

1. Cuci muka dua kali sehari dan setelah berolahraga

Sebaiknya cuci muka Anda bahkan di pagi hari untuk menghilangkan kotoran atau bakteri yang mungkin menempel di wajah di malam hari. Selain itu, pastikan pula bahwa Anda mencuci sarung bantal secara teratur.

Perlu diingat pula, setelah berolahraga pun pastikan Anda segera membersihkan wajah. Mengingat, keringat dapat terperangkap di pori-pori bersama dengan kotoran dan minyak yang nantinya bisa menyebabkan jerawat.

2. Coba strip pori

Anda mungkin pernah melihat iklan dengan wanita yang tersenyum senang menghilangkan komedo dari hidungnya. Strip pori untuk sementara ini mampu menghilangkan lapisan kulit dan dengan itu sering muncul minyak teroksidasi dan kotoran yang membentuk komedo.

Strip pori tidak akan mencegah komedo itu datang kembali karena mereka tidak mengatur produksi minyak kulit.

Untuk hasil terbaik, cobalah menguap wajah Anda terlebih dahulu di atas panci berisi air mendidih, misalnya, dengan sangat berhati-hati untuk membuka pori-pori.

Meskipun dapat membuat pori-pori tampak lebih kecil untuk sementara, strip pori juga berpotensi menghilangkan minyak alami dan folikel rambut penting yang bermanfaat bagi kulit.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Gunakan tabir surya bebas minyak

Mungkin terasa sedikit aneh untuk melapisi tabir surya berminyak di atas kulit yang berjerawat, yang mungkin disebabkan oleh minyak berlebih. Akan tetapi, penting bagi Anda untuk memakai tabir surya terlepas dari jenis kulit yang Anda miliki, baik itu kulit berminyak, kering, atau sensitif.

4. Eksfoliasi

Ketika memikirkan pengelupasan kulit, Anda mungkin memikirkan scrub yang kasar. Namun, itu justru bisa membuat jerawat semakin meradang.

Untungnya, ada sejumlah exfoliant kimia lembut yang dapat digunakan. Carilah produk yang mengandung asam alfa dan beta hidroksi (AHA dan BHA). Keduanya adalah asam lembut yang membantu mengangkat sel kulit mati. Mereka membantu membersihkan jalan bagi produk lain untuk menembus kulit lebih baik dan bekerja lebih efektif.

Mungkin Anda pun pernah mendengar tentang asam salisilat untuk jerawat, yang merupakan BHA. BHA larut dalam minyak dan membantu membersihkan pori-pori. Sedangkan asam glikolat dan laktat dianggap AHA, yang larut dalam air dan berasal dari sumber alami seperti susu, buah, atau gula.

5. Gunakan masker tanah liat

Tanah liat menjadi bahan yang lembut dan sudah digunakan sejak zaman dahulu. Tanah liat membantu membersihkan kulit dari minyak berlebih dan dapat membantu melonggarkan atau bahkan menghilangkan kotoran dari pori-pori yang tersumbat.

Masker wajah yang dibuat dengan bahan dasar tanah liat bekerja lebih lembut daripada strip pori, yang dapat menarik lapisan kulit. Sebaliknya, tanah liat masuk ke pori-pori dan secara bertahap dapat mengeluarkan kotoran dan minyak.

 

3 dari 3 halaman

6. Pakai masker charcoal

Charcoal bermunculan di semua jenis produk saat ini. Ternyata charcoal adalah detoksifikasi yang hebat. Ia bekerja jauh di dalam pori-pori untuk membantu mengeluarkan kotoran dan kotoran lainnya.

7. Coba retinoid topikal

Retinoid topikal berasal dari vitamin A, dan dipercaya dapat memperbaiki jerawat. Selain itu, retinol meningkatkan pergantian sel kulit dan juga dapat mengurangi munculnya kerutan.

Namun, perlu dicatat bahwa wanita hamil disarankan menghindari retinol karena jumlah yang berlebihan dapat mengganggu perkembangan janin. Jika sedang hamil, Anda dapat mencoba menggunakan bakuchiol atau minyak rosehip sebagai pengganti retinol untuk efek serupa.

8. Oleskan gel asam salisilat

Asam salisilat dapat membantu melarutkan keratin yang menyumbat pori-pori, menyebabkan komedo.

Selain itu, ini juga merupakan exfoliant yang efektif, tetapi Anda sebaiknya menggunakannya hanya pada area tubuh yang mengalami whiteheads atau komedo. Menggunakannya di seluruh tubuh Anda dapat menyebabkan keracunan salisilat.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.