Sukses

5 Tips Merawat Bibir Kering Di Kala Cuaca Panas

Liputan6.com, Jakarta Datangnya musim panas atau kemarau tidak hanya membuat kulit menjadi kering. Namun, anggota tubuh lain juga bisa jadi bermasalah. Salah satunya bibir kering. Karena itu, merawat bibir juga tidak kalah pentingnya dari kulit atau wajah.

Menghadapi cuaca yang cukup panas, jangan hanya memikirkan urusan kulit dan wajah. Akan tetapi, anggota tubuh lain pun perlu diperhatikan. Salah satunya bibir.

Bibir yang terasa kering terkadang bisa membuat kulit di area tersebut mengelupas. Kemudian tidak sedikit orang-orang yang akhirnya mengelupasi kulit bibir yang kering tersebut. Pada akhirnya muncul iritasi sehingga membuat bibir perih.

Demi mengantisipasi hal tersebut, bibir tentu harus dirawat dengan baik. Sekalipun sedang menghadapi musim panas atau kemarau, bibir bisa terjaga tetap lembap. Bagaimana caranya?

Melansir laman Hindustan Times, Jumat (17/6/2022), berikut ini tips menjaga bibir tetap lembap disaat sedang musim panas atau kemarau.

 

 

2 dari 3 halaman

1. Pergi ke ruangan dingin

Jika bibir Anda sudah teras seperti terbakar sinar matahari, cobalah untuk menghindari paparan sinar matahari. Misalnya Anda bisa mencari tempat teduh atau ruangan yang dingin.

Cobalah untuk berdiam diri sejenak di tempat dingin. Normalnya, fase pemulihan berlangsung sekitar tiga hingga lima hari. Selama waktu itu, hindari mengekspos bibir Anda ke radiasi UV lagi.

 

2. Jaga diri agar tetap terhidrasi

Dehidrasi adalah efek samping umum membuat bibir kering. Jadi, pastikan Anda minum banyak air apalagi ketika cuaca sedang terik-teriknya.

Pada saat tersebut, bibir Anda membutuhkan perlindungan dari sinar matahari. Karena itu, ada baiknya jika Anda menggunakan lip balm dengan SPF sebelum keluar rumah.

 

3. Kompres dingin

Jika Anda mengalami sengatan matahari ringan, oleskan kompres yang dingin ke bibir untuk mengurangi pembengkakan dan panas. Selain itu, Anda juga bisa meringankan area tersebut dengan menggunakan yogurt atau meletakkan waslap lembut di bibir. Kemudian Anda bisa membilasnya dengan air es untuk mengurangi panas.

 

 

3 dari 3 halaman

4. Lidah buaya

Bahan satu ini cukup mudah ditemukan. Bahkan sudah banyak yang tahu bahwa gel lidah buaya yang menenangkan dapat digunakan untuk meredakan rasa sakit akibat sengatan matahari.

Jika tidak memiliki produk perawatan yang mengandung lidah buaya, Anda bisa memotong salah satu batangnya. Kemudian peras gelnya dan oleskan ke bibir Anda. Akan lebih efektif bila didinginkan terlebih dahulu di lemari es.

 

5. Pelembab

Menerapkan pelembab topikal ke bibir Anda juga dapat membantu menyembuhkan bibir yang dirasa seperti terbakar. Terutama di malam hari ketika kulit Anda memperbaiki dirinya sendiri.

Akan tetapi, dengan catatan, hindari pelembab berbahan dasar minyak bumi karena dapat menjebak panas di kulit Anda dan memperpanjang efek menyakitkan dari sengatan matahari.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati