Sukses

Inilah Manfaat Jahe Buat Kulit dan Rambut yang Jarang Orang Tahu

Liputan6.com, Jakarta Manfaat jahe mungkin sudah diketahui banyak orang bahwa rempah satu ini punya khasiat yang baik untuk kesehatan tubuh. Tidak hanya itu, ternyata jahe pun bermanfaat untuk kulit dan rambut.

Biasanya seseorang mengonsumsi jahe ketika tubuh terasa kurang fit atau mengobati sakit tenggorokkan. Akan tetapi, ketahuilah bahwa jahe juga bisa bermanfaat untuk kesehatan kulit dan rambut.

Jadi, rempah satu ini menjadi pilihan bahan perawatan kulit dan rambut yang bisa Anda coba. Hal ini karena jahe memiliki konsentrasi tinggi antioksidan dan sifat anti-inflamasi yang bermanfaat bagi kulit, rambut, dan tubuh.

Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut ini 5 manfaat jahe bagi kesehatan kulit dan rambut seperti melansir laman Pinkvilla, Selasa (7/6/2022).

 

 

2 dari 3 halaman

1. Mengurangi kerutan dan garis halus

Jahe merupakan ramuan untuk membantu mengurangi kerutan. Itu berkat kandungan antioksidannya yang tinggi. Selain itu, jahe juga mencegah kerusakan elastin yang merupakan salah satu penyebab utama kerutan dan garis halus.

Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda bisa membuat jahe segar. Dengan begitu, Anda bisa meningkatkan penampilan kulit karena menghilangkan racun berbahaya dan merangsang sirkulasi serta memastikan bahwa kulit menerima lebih banyak nutrisi.

2. Membuat kulit bercahaya

Selain kaya antioksidan, jahe juga mengandung gingerol antioksidan yang dapat melawan stres oksidatif dan memberi warna kulit yang lebih merata dan bercahaya yang sehat. Irisan jahe yang dioleskan ke wajah meski aneh kedengarannya tapi dapat membantu membuat kulit bercahaya dan segar. Jahe juga bekerja untuk mengencangkan kulit sekaligus membersihkan, melawan noda, dan membuat kulit Anda lebih bercahaya.

3. Memudarkan bekas luka

Jahe memiliki sifat antioksidan serta efek mengencangkan, memungkinkannya untuk menormalkan bekas luka hipopigmentasi - yang warnanya lebih terang daripada warna kulit alami Anda).

Adapun sifat anti-inflamasinya juga membantu mengurangi kemerahan dan jaringan parut pada jerawat. Makanan super ini adalah bahan alami yang melembutkan kulit sekaligus meningkatkan elastisitasnya.

 

3 dari 3 halaman

4. Meningkatkan pertumbuhan rambut

Jahe meningkatkan aliran darah ke kulit kepala yang berkontribusi membuat rambut Anda halus dan berkilau pada saat yang bersamaan. Hal itu karena jahe merangsang pertumbuhan rambut dan memperkuat akar rambut dan folikel sebagai hasilnya. Selain itu, banyak asam lemak, vitamin, dan mineral yang ditemukan dalam jahe dapat membantu memperkuat helai rambut, mencegah kerontokan rambut.

5. Mengatasi ketombe

Jahe juga termasuk ramuan yang bisa mengatasi ketombe. Sifat antiseptiknya membantu mencegah ragi dan bakteri alami yang menyebabkan ketombe. Menerapkan minyak jahe dua kali seminggu ke kulit kepala dan memijatnya dapat membantu Anda menghindari ketombe.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati