Sukses

Hai Bunda, Kenali Perkembangan Bayi Ketika Memasuki Usia 6 Bulan

Keempat kategori tersebut adalah sosial-emosional, bahasa dan komunikasi, kognitif dan motorik.

Liputan6.com, Jakarta Bayi berusia enam bulan mengalami pertumbuhan yang cukup banyak jika disadari. Karena itu, sebagai orang tua, kenali pertumbuhan sang buah hati demi merawatnya dengan baik.

Memasuki usia enam bulan bayi banyak bereksplorasi. “Sebagian besar bayi berusia 6 bulan bersifat sosial dan suka bermain dan menjelajahi lingkungan mereka,” kata Dokter Spesialis Neonatologi sekaligus Direktur Medis di Aeroflow Breastpumps Jessica Madden, dilansir dari Forbes, Jumat (15/4/2022).

Dia mengatakan, "Ini adalah periode pertumbuhan otak yang cepat, dan bayi membuat koneksi saraf di keempat lobus otak mereka pada usia 6 bulan."

Bayi Anda akan mengembangkan keterampilan sebelumnya yang mereka kembangkan. Misalnya, bayi yang sebelumnya menatap tangan mereka selama beberapa menit sekarang akan meraih mainan. Lebih dari itu, bahkan para bayi akan mengembangkan preferensi untuk dirinya.

Pada usia enam bulan, semua barang akan masuk ke dalam mulutnya, kata Madden. Jadi, para orang tua sebaiknya memastikan keamanan rumah demi menjaga sang bayi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pencapaian

Tonggak sejarah bayi jatuh ke dalam empat kategori, menurut panduan yang diperbarui pada awal 2022 dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) dan American Academy of Pediatrics (AAP). Keempat kategori tersebut adalah sosial-emosional, bahasa dan komunikasi, kognitif dan motorik.

Lebih lanjut, berikut ini penjelasannya.

1. Sosial dan Emosional

Pada masa ini, bayi akan mulai melihat dirinya sendiri di cermin dan mengenali apa yang mereka lihat, kata Dokter Anak di Santa Monica, California Caryn Cassidy.

Mereka akan mulai mengenali orang lain juga, terutama yang menghabiskan banyak waktu, seperti orang tua, saudara kandung, dan pengasuh.

2. Motorik

Sebagai orang tua, Anda mungkin akan melihat peningkatan besar ketika bayi memasuki usia enam bulan. Pada masa tersebut, bayi Anda bepergian. Jika mereka belum mampu berguling sebelumnya, Anda akan melihatnya mencoba di usia keenam bulan ini, menurut CDC.

Keterampilan motorik lain yang termasuk adalah posisi duduk tripod, menurut Cassidy. Bayi berusia enam bulan baru belajar duduk, tetapi Anda perlu mengawasinya dari belakang untuk menjaga keamanaan bayi.

3. Kognitif

“Saat mereka meningkatkan keterampilan eksplorasi itu, bayi belajar tentang lingkungan mereka dengan memasukkan sesuatu ke dalam mulut mereka,” ujar Cassidy.

“Oleh karena itu, orang tua harus memastikan bahwa semua babyproofing terjadi pada usia ini. Berhati-hatilah dengan hal-hal kecil seperti baterai sel kancing, koin, dan paku payung yang tergeletak di lantai, terutama jika Anda memiliki anak lain di rumah,” jelasnya.

Bayi Anda akan menggunakan tangannya untuk melakukan, seperti menyapu benda-benda kecil dengan jari-jarinya, kata Dr. Madden.

4. Bahasa dan Komunikasi

Salah satu pencapaian di usia enam bulan, bayi akan mulai menyukai suara dan coba meniru. Selain itu, Anda juga akan mulai melihat beberapa jeritan dan pekikan yang menusuk telinga saat bayi mulai mengembangkan kapasitas vokalnya.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini