Sukses

Ketahui Manfaat dari Makanan Fermentasi Buat Tubuh

Selain bermanfaat untuk mikrobioma usus, makanan fermentasi juga memiliki manfaat lain.

Liputan6.com, Jakarta Makanan fermentasi juga ternyata penting dan diperlukan dalam sistem pencernaan. Sebab, sistem pencernaan diibaratkan sebagai rumah bagi para mikroorganisme. Makanan fermentasi ini diketahui memiliki hubungan dengan mikrobioma dalam usus.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kedua hal tersebut berperan atas kesehatan tubuh manusia secara keseluruhan. Bahkan dalam diet juga berkontribusi dan bisa dibilang sebagai pengatur utamanya.

Sementara itu, berdasarkan penelitian terbaru dalam jurnal Cell, makanan fermentasi dianggap mampu membantu meningkatkan keragaman mikrobioma usus sekaligus menurunkan peradangan dalam tubuh.

Selain bermanfaat untuk mikrobioma usus, makanan fermentasi juga memiliki manfaat lain. Dikutip dari laman Timesnownews, Rabu (3/11/2021), berikut ini beberapa manfaat lain yang diberikan oleh makanan fermentasi untuk tubuh.

1. Menjadi pilihan yang tepat untuk membantu menurunkan berat badan

2. Membantu memperbaiki sistem pencernaan

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Manfaat Lainnya

3. Membantu meningkatkan kesehatan mental

4. Membantu meningkatkan sistem kekebalan

5. Membantu meningkatkan kesehatan jantung.

Untuk bisa mengonsumsi makanan berfermentasi, Anda bisa mengonsumsinya dari beberapa makanan yang tentu sudah familier, seperti kimchi, tempe, keju, yogurt, sup kedelai Jepang, acar, atau mentega susu.

Lantaran makanan tersebut dibuat dengan proses pengawetan, perlu pula untuk memastikan keamanan makanan. Sebab, beberapa orang mungkin sering mengalami perut kembung setelah mengonsumsi makanan fermentasi.

Oleh karena itu, penting pula untuk memastikan bahwa tubuh tidak bereaksi negatif usai mengonsumsi makanan fermentasi tersebut. Selain itu, juga jangan lupa untuk memeriksa kembali label serta kualitas barang fermentasi saat membelinya.

 

 Reporter: Aprilia Wahyu Melati

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.