Sukses

Selain Kaya Protein, Ini 5 Alasan Kedelai Baik Dikonsumsi

Liputan6.com, Jakarta Kedelai punya banyak manfaat untuk kesehatan. Jenis kacang-kacangan satu ini mengandung protein yang tinggi dan nilai gizi tambahan yang berlipat ganda.

Kedelai baik dikonsumsi khususnya bagi orang yang sedang diet. Bahkan sangat disarankan untuk memasukkan makanan ini ke dalam daftar makanan diet.

Asupan nutrisi harian berperan penting dalam kesehatan seseorang secara keseluruhan. Perlu kesadaran dalam diri masing-masing untuk memilih dan mengonsumsi makanan bergizi tinggi, hal ini sangat penting.

Seperti protein yang merupakan salah satu dari empat makronutrien utama yang perlu dikonsumsi untuk seseorang ketika sedang diet.

Ada berbagai makanan kaya protein yang tersedia di pasaran. Akan tetapi dari semua itu, protein nabatilah yang menarik perhatian.

Sebagian besar orang beralih mengonsumsi kedelai dan produk makanan berbasis kedelai untuk dijadikan sumber makanan dengan beragam alasannya. Kedelai ini memang bagian dari keluarga kacang-kacangan yang memiliki protein dan banyak manfaat lainnya.

Perlu diketahui bahwa kedelai ini merupakan pembangkit tenaga yang berasal dari protein, kandungannya sebanding dengan daging.

Selain itu, kedelai juga termasuk makanan nabati yang mengandung sembilan asam amino yang diperlukan untuk tubuh.

Bahkan selain protein, kedelai juga mengandung vitamin B, serat, potasium, magnesium, dan lemak jenuh yang rendah.

Dikutip dari India.com, Sabtu (16/7/2021), kedelai memiliki tingkat protein senilai 36-56 persen dari berat keringnya. Satu mangkok kedelai mengandung sekitar 28 gram protein.

Shona Prabhu, Ahli gizi olahraga dan pendiri NutrifyMyDiet menuturkan berbagai manfaat dari kedelai.

1. Penguat kekebalan

Antioksidan dan protein yang ada di dalam kedelai juga dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh secara keseluruhan.

Hal ini telah dinyatakan oleh Pemerintah India dan Food Safety and Standards Authority of India (FSSAI) dalam meningkatkan nutrisi untuk masyarakat India.

2. Membuat jantung sehat

Lemak tak jenuh yang berlimpah dari kedelai memberikan manfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Hal ini berarti kedelai dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dengan mempertahankan kadar kolesterol. Selain itu, kedelai juga mengandung lemak omega 3 yang terkait dengan risiko penyakit kardiovaskular yang lebih rendah.

 

2 dari 2 halaman

3. Membuat tulang lebih kuat

Seiring bertambahnya usia, kekuatan tulang akan menurun. Kedelai merupakan salah satu bahan yang dikenal dengan kandungan nutrisinya yang tinggi sehingga dapat membantu membangun dan meningkatkan kepadatan tulang.

Selain itu, juga membantu dengan tindakan osteopathic yang memungkinkan akan membentuk tulang baru, memperkuat yang lama, dan mempercepat penyembuhan tulang.

4. Membantu memanajemen berat badan

Kaya akan lemak sehat dan rendah lemak jenuh yang dikombinasikan dengan protein, kedelai bisa berguna untuk membentuk metabolisme.

Hal ini membuat seseorang akan merasa kenyang untuk waktu yang lebih lama sehingga akan membantu mengendalikan keinginan untuk terus makan. Itu berarti kedelai bisa membantu menjaga dan memanajemen berat badan seseorang.

5. Meningkatkan sirkulasi darah

Kedelai juga mengandung zat besi yang tinggi. Kandungan tersebut diperlukan untuk membentuk sel darah merah (eritrosit). Sistem organ penting, seperti ekstremitas tubuh, dapat memeroleh oksigen dan aliran darah yang dibutuhkan yang kemudian berfungsi dengan baik.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati