Sukses

Dukung Pemerintah, Tokopedia Luncurkan Program Wakaf Uang Mulai dari Rp 10 Ribu

Tokopedia melalui, Tokopedia Salam memperkenalkan fitur terbarunya, yaitu wakaf uang.

Liputan6.com, Jakarta - Mendukung gerakan nasional wakaf uang yang dicanangkan oleh pemerintah. Tokopedia melalui, Tokopedia Salam memperkenalkan fitur terbarunya, yaitu wakaf uang.

Adapun Tokopedia yang memiliki visi untuk menjadi super ekosistem yang memudahkan masyarakat dalam menemukan apapun, maka melalui ekosistem ini dibuatlah kegiatan wakaf uang.

“Kami menyadari sebetulnya kenapa ini sebuah ekosistem, karena memang kami harus bermitra dengan banyak pihak, supaya inklusif, supaya lebih banyak lagi pihak-pihak yang bisa ikut serta,” jelas Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintahan Tokopedia, Asri Wahyuni melalui siaran virtual, pada Rabu (28/4/2021).

Melalui fitur wakaf uang ini, Tokopedia bekerjasama dengan Badan Wakaf Indonesia, Dompet Dhuafa, dan Rumah Zakat. Adapun untuk besaran yang akan diwakafkan mulai dari Rp 10 ribu sampai dengan Rp 100 juta, dengan melalui berbagai metode pembayaran.

Selain itu, dengan melakukan wakaf uang akan terdapat laporan pada halaman wakaf yang dapat diakses oleh masyarakat ataupun pengguna. Wakaf ini akan melalui proses pemanfaatan yang transparan serta menjadi nilai yang lebih untuk masyarakat.

“Kita ingin wakaf ini menjadi jalan untuk bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Indonesia. Karena memang pertama dengan kemudahannya, jadi berapapun uang yang kita miliki kita sudah bisa menjadi wakif atau orang yang memberikan wakaf,” jelasnya.

Ia berharap kedepannya masyarakat dapat berperan dalam pembangunan ekonomi dan membantu sesama, serta pertumbuhan ekonomi termasuk ekonomi syariah tetap bertahan di masa pandemi saat ini.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dorong Literasi

Sementara itu, Direktur Eksekutif Komite Nasional Ekonomi Keuangan Syariah Ventje Rahardjo mengatakan, bersama dengan semua stakeholder, saat ini sedang membangun ekosistem ekonomi dan keuangan syariah. Hal itu dikarenakan ekosistem jasa keuangan sosial syariah menjadi bagian yang penting.

Adapun pemerintah meluncurkan gerakan nasional wakaf uang, muncul dari berbagai inisiatif yang diselenggarakan oleh masyarakat untuk saling mendukung membangun ekosistem wakaf uang.

“Dan hari ini kita lihat bahwa dukungan muncul dari Tokopedia Salam untuk membangun ekosistemnya sendiri di dalam wakaf uang. Jadi ini menjadi suatu platform yang penting untuk mendorong literasi daripada wakaf uang melalui kemudahan, informasi yang disampaikan, dan akses yang diberikan bukan hanya menjangkau kaum milenial, tetapi juga kaum kolonial,” terang Ventje.

Dia berharap, nilai wakaf uang dapat meningkat dari segi jumlah, dikarenakan peningkatan nilai wakaf uang menjadi suatu yang penting untuk dapat berbagi kepada sesama. Serta dengan adanya wakaf uang ini diharapkan seluruh masyarakat Indonesia dapat dengan mudah melakukan kegiatan wakaf.

Reporter: Anisa Aulia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.