Sukses

Hindari Makanan Ini untuk Mencegah Timbulnya Jerawat

Liputan6.com, Jakarta Jerawat benar-benar dapat merusak kepercayaan diri, khususnya bagi para wanita. Selain itu, adanya jerawat pun dapat merusak kulit Anda. Untuk mencegah terjadinya jerawat, tentu ada banyak cara yang bisa dilakukan. Mulai cara alami maupun secara medis.

Dari sekian cara tersebut, ada cara yang lebih mudah yang tentu bisa Anda lakukan untuk mencegah timbulnya jerawat. Cara ini pun terbilang cukup mudah karena Anda hanya perlu menjaga jenis makanan yang dikonsumsi sehari-hari.

Melansir laman Magforwomen, Kamis (25/2/2021), berikut ini beberapa jenis makanan yang perlu Anda hindari untuk mencegah kulit wajah Anda dari jerawat-jerawat yang dapat merusak kulit.

1. Gula

Memanjakan diri dengan makanan yang mengandung banyak gula ternyata dapat menimbulkan jerawat. Melalui gula, dapat menyebakan kandungan insulin meningkat. Yang kemudian akan membuat Anda lebih rentan mengalami penyumbatan pori-pori.

Jika Anda memang orang yang menyukai makanan manis-manis, gantilah makanan manis tersebut dengan makanan yang lebih alami dan baik dikonsumsi, seperti ubi atau melon.

Selain untuk menghindarkan diri dari jerawat, kedua makanan tersebut pun merupakan sumber beta-karoten yang mampu menghilangkan penghilang segala noda di wajah.

2. Produk susu

Jika Anda terlalu banyak mengonsumsi susu, maka jerawat akan cenderung banyak yang muncul di kulit Anda.

Namun karena kalsium pun penting untuk kesehatan kulit, Anda bisa menggantinya dengan mengonsumsi sayuran hijau, seperti brokoli, kangkung, atau kedelai, untuk mendapatkan kalsium yang cukup pengganti susu.

 

2 dari 2 halaman

3. Kafein

Ternyata kopi hitam pun memicu timbulnya jerawat. Kandungan dalam kafein menyebabkan ketidakseimbangan hormon. Jika Anda ingin mencegah jerawat, sebaiknya Anda harus menghindari mengonsumsi kafein.

Sebaliknya, Anda bisa memilih teh herbal atau kopi hrbal yang bebas kafein agar tetap bisa mengonsumsi tanpa harus panik jerawat akan muncul.

4. Makanan olahan

Saat banyaknya jerawat pada kulit, sebaiknya Anda tetap menjaga pola makanan yang sehat, organik, dan segar. Hindarilah makanan olahan yang banyak mengandung glikemik tinggi atau gluten. Hal itu dapat memengaruhi hormon dan gula darah Anda. Jika sudah terjadi, insulin dalam tubuh bisa meningkat sehingg dapat menyebabkan penumpukan bakteri penyebab jerawat.

5. Makanan cepat saji

Siapa sangka jika Anda terlalu banyak mengonsumsi makanan cepat saji yang mengandung banyak minyak, nantinya akan menyebabkan peradangan dalam tubuh. Peradangan itulah yang bisa menyebabkan jerawat. Jadi, jika Anda sesekali pergi ke restoran cepat saji, tetap pilihlah makanan yang sehat, seperti salad.

 6. Alkohol

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa racu, seperti tembakau atau alkohol, berkaitan dengan timbulnya jerawat.

Jika Anda seorang perokok biasa dan peminum alkohol yang berlebihan, semakin sulit bagi Anda untuk menghindari jerawat. Oleh karena itu jika ingin terhindar dari jerawat, Anda perlu menjauhkan diri dari tembakau dan alkohol tersebut.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

 

BERANI BERUBAH: Ketika Bisnis dan Beramal Bersatu