Sukses

Ternyata Berada di Alam Bebas Baik untuk Semua Rentang Usia, Ini Buktinya

Mulai dari anak, orang tua, lansia jika berada di alam bebas dapat meningkatkan kecerdasan.

Liputan6.com, Jakarta Berada di alam bebas seperti taman, kebun, pepohonan di jalan tentunya sangat menyenangkan. Bukan hanya untuk orang tua melainkan juga untuk anak-anak dan juga semua rentang usia manusia. Sehingga berada di alam harus dijadikan dalam gaya hidup semua orang.

Mengutip dari Freemalaysiatoday, Jumat (2/10/2020) sebuah penelitian dari Hasselt University di Belgia menunjukkan bahwa tumbuh di lingkungan yang ‘lebih hijau’ dapat dikaitkan dengan kecerdasan yang lebih besar dan masalah perilaku yang lebih sedikit.

Analisis yang dipublikasikan di Plos Medicine menunjukkan bahwa peningkatan ruangan hijau sebesar 3 persen di lingkunagan anak meningkatkan skor IQ mereka rata-rata 2,6 poin.

Selain itu juga anak-anak pada saat berada di alam bebas lebih rentang untuk berperilaku rendah, agresivitas dan baik untuk otak.

Peneliti menyarankan bahwa ketenangan, peluang untuk bermain sosial dan tingkat stress yang rendah semuanya dapat berkontribusi untuk meingkatkan kemampuan kognitif anak, waualupun alasan korelasinya masih belum pasti.

 Reporter: Tasya Stevany

Saksikan video di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.