Sukses

5 Sumber Kafein Tersembunyi yang Mungkin Tidak Anda Ketahui

Liputan6.com, Jakarta Apakah saat harus begadang di malam hari untuk menyelesaikan pekerjaan atau bangun pagi untuk berolahraga, kopi selalu datang untuk menyelamatkan Anda. Satu cangkir kopi hangat cukup untuk memberi energi, meningkatkan daya konsentrasi dan mengangkat suasana hati.

Namun patut diingat jika para ahli menyarankan bahwa minum 400 ml kopi dalam sehari lebih dari cukup untuk orang dewasa yang sehat. Masalah sebenarnya dimulai ketika Anda mulai kecanduan.

Kelebihan asupan kafein dapat berdampak negatif seperti dehidrasi dan kecemasan. Semua tahu bahwa kopi adalah sumber utama kafein, tetapi ada beberapa item makanan lain yang mengandung cukup banyak kafein.

Melansir dari timesofindia.com, Sabtu (1/8/2020) ternyata ada 5 sumber kafein tersembunyi yang harus Anda ketahui.

1. Cokelat

Kafein secara alami ditemukan dalam biji kakao. Jadi, cokelat yang mungkin makanan favorit Anda bisa jadi juga mengandung sejumlah stimulan.

Cokelat susu mungkin mengandung lebih sedikit kafein, tetapi cokelat hitam umumnya memiliki kandungan kafein lebih dari 10 miligram. Bahkan es krim cokelat memiliki jejak kafein.

2. Minuman fuzzy

Cola dan minuman bersoda manis lainnya yang disukai sebagian besar orang cocok dinikmati ketika cuaca panas juga tinggi asupan kafein. Kandungan kafein bervariasi dari 23 miligram hingga 41 miligram per botol.

Jumlahnya bervariasi tergantung mereknya. Bahkan minuman berenergi yang Anda minum setelah sesi latihan atau olahraga juga mengandung sejumlah kafein.

 

2 dari 2 halaman

3. Es teh

Teh juga mengandung sejumlah kafein dan mungkin sudah jelas bahwa es teh juga pasti mengandung kafein. Namun, Anda akan terkejut mengetahui es teh yang dibumbui, termasuk peach dan lemon, juga merupakan sumber kafein. Mereka mungkin memiliki 42 mg kafein per 500 ml.

4. Obat penghilang rasa sakit

Beberapa orang memiliki kebiasaan minum pil ketika menderita sakit kepala atau nyeri sendi. Tetapi hal yang tidak disadari adalah bahwa pil penghilang rasa sakit juga mengandung sedikit kafein.

Studi menunjukkan bahwa kafein dengan jumlah sedikit dapat membantu meringankan rasa sakit, karenanya beberapa perusahaan farmasi menambahkannya dalam pereda nyeri.

5. Penyegar mulut

Penyegar mulut seperti permen karet dan hampir semua jenis penyegar mulut memiliki sejumlah kafein. Kandungan kafein dalam beberapa merek permen karet setara dengan jumlah yang ditemukan dalam secangkir kopi. Jadi, lain kali ketika Anda membeli permen karet, jangan lupa membaca labelnya.

 

Reporter: Erna Sulistyowati