Sukses

4 Bahan Alami yang Ampuh Atasi Gatal dan Jerawat di Kepala

Liputan6.com, Jakarta Jerawat pada kulit kepala kebanyakan disebabkan karena kelembaban dan keringat, membuat kulit kepala berminyak yang menyumbat pori-pori. Ditambah kotoran yang menyusup ke pori-pori memicu iritasi kulit dan membentuk jerawat yang menyakitkan dan gatal.

Penyebab Jerawat Kulit Kepala

Jerawat kulit kepala dapat disebabkan oleh berbagai hal, beberapa diantara yaitu sel kulit mati dan kulit kepala berminyak. Jerawat juga bisa muncul karena penggunaan produk kecantikan yang mengandung bahan kimia.

Sementara kita cenderung memiliki produk perawatan rambut mahal karena berpikir lebih baik untuk rambut kita. Namun faktanya Anda harus mengecek adanya kandungan bahan kimia yang merusak sel kulit dan menyebabkan peradangan kulit kepala.

Selain itu, jika tidak rutin merawat rambut dan kulit kepala, atau membiarkannya berkeringat dengan penutup kepala, semua itu dapat memicu jerawat pada kulit kepala.

Namun, jika Anda terlanjur memiliki jerawat kulit kepala, berikut ini beberapa solusi alami untuk mengobatinya, dilansir dari Times of India.

1. Minyak kelapa

Minyak kelapa kaya akan sifat anti-inflamasi dan antimikroba, menjadikannya pilihan terbaik untuk mengatasi jerawat di kepala. Yang perlu Anda lakukan adalah menerapkannya pada kulit kepala dan rambut Anda dan biarkan selama satu jam atau lebih.

Kemudian bilas hingga bersih menggunakan sampo berbahan ringan. Ulangi prose ini setiap dua kali seminggu dan lihat hasilnya sendiri.

2. Tea tree oil

Minyak ini juga kaya akan sifat anti-inflamasi dan antimikroba, yang membantu kulit kepala Anda menyingkirkan mikroba, penyebab kemunculan jerawat pada kepala Anda. Agar efektif, pertama-tama cuci rambut Anda dengan sampo.

Kemudian tambahkan 6 hingga 7 tetes minyak ini pada kondisioner dan aduk hingga tercampur rata. Oleskan pada kulit kepala dan helai rambut Anda dan bilas. Ulangi langkah ini tiga kali seminggu.

 

 

2 dari 3 halaman

3. Jojoba Oil

Minyak ini kaya akan vitamin C, sifat antibakteri dan non-komedogenik, yang mampu menghilangkan minyak berlebih dari kulit kepala rambut dan membuka semua pori-pori.

Langkah yang perlu Anda lakukan adalah menambahkan beberapa tetes jojoba oil e dalam sampo Anda dan oleskan secara menyeluruh pada rambut dan kulit kepala Anda. Ramuan ini akan mengurangi kemerahan pada kulit kepala Anda dan akan mencegah timbulnya jerawat kulit kepala.

4. Aloe vera

Tumbuhan ini merupakan bahan terbaik untuk mnegobati semua jenis jerawat, termasuk jerawat kulit kepala. Sifat penyembuh dan anti-inflamasi-nya dapat meringankan peradangan dan iritasi. Cukup ekstrak gel lidah buaya dan oleskan pada kulit kepala Anda. Diamkan selama setengah jam, kemudian bilas dengan air dingin. Ulangi proses ini setiap dua kali seminggu.

3 dari 3 halaman

Simak Video Menarik Berikut Ini:

  • Jerawat (acne) adalah gangguan pada kulit yang berhubungan dengan produksi minyak (sebum) berlebih.
    Jerawat