Sukses

12 Cara Cepat Turunkan Berat Badan

Liputan6.com, Jakarta Menurunkan berat badan bagi sebagian orang bukanlah hal yang mudah. Mengubah kebiasaan menjadi lebih sehat dengan mengganti pola makan dan kebiasaan olahraga diyakini bisa membuat berat badan turun lebih cepat. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebagai berikut:

1. Jangan lewatkan sarapan

Tidak sarapan sama sekali tidak akan membantu Anda menurunkan berat badan. Yang ada, Anda bisa kehilangan nutrisi penting. Atau bahkan ujung-ujungnya ngemil lebih banyak sepanjang hari karena merasa lapar.

2. Makan dengan benar

Makan secara teratur di siang hari membantu membakar kalori lebih cepat. Sekaligus fungsinya untuk mengatasi godaan untuk ngemil makanan tinggi gula dan lemak.

3. Perbanyak makan buah dan sayur

Buah dan sayur mengandung kalori dan lemak yang sangat rendah, namun kaya serat. Ketiga komponen tersebut berperan penting dalam membentuk berat badan. Buah dan sayur juga mengandung banyak vitamin dan mineral.

4. Lebih aktif

Menjadi aktif adalah kunci untuk menurunkan berat badan dan mempertahankan berat ideal Anda. Selain memberikan banyak manfaat kesehatan, olahraga dapat membantu membakar kelebihan kalori yang tidak dapat Anda hilangkan jika hanya melalui diet saja.

5. Minum

Sebagaimana manfaatnya untuk kecantikan, banyak minum air putih juga membantu mengurangi rasa lapar, sehingga membantu menurunkan berat badan.

 

2 dari 2 halaman

6. Konsumsi makanan tinggi serat

Makanan yang mengandung banyak serat dapat membantu Anda merasa kenyang, pilihan sempurna untuk menurunkan berat badan. Adapun sumber makanan yang kaya serat yaitu buah dan sayuran, gandum, roti gandum, beras merah dan pasta, dan kacang-kacangan, kacang polong dan lentil.

7. Perhatikan label makanan

Dengan membaca label makanan, Anda bisa mengetahui jumlah kalori yang akan masuk ke tubuh Anda jika mengonsumsinya. Sehingga Anda bisa tahu persis kebutuhan kalori sisanya yang Anda butuhkan sekaligus menyesuaikan dengan rencana penurunan berat badan.

8. Gunakan Piring kecil

Menggunakan piring yang lebih kecil dapat membantu Anda makan dengan porsi kecil. Sehingga secara bertahap Anda akan terbiasa makan porsi kecil tanpa kelaparan. Perut membutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk memberi sinyal kenyang pada otak, jadi makanlah perlahan-lahan dan ebrhentilah sebelum kenyang.

9. Tidak ada pantangan makanan

Jangan membatasi diri dengan melarang suatu makanan sebagai program diet Anda, terutama jika itu merupakan makanan kesukaan Anda. Larangan terhadap makanan hanya akan membuat Anda lebih membutuhkannya. Anda dapat menikmati makanan favorit Anda sesekali asalkan tetap dalam batasan kalori harian.

10. Jangan menyimpan makanan cepat saji

Untuk menghindari godaan, jangan menyimpan makanan cepat saji - seperti cokelat, biskuit, keripik, dan minuman bersoda manis - di rumah. Sebagai gantinya, pilihlah camilan sehat, seperti buah, kue beras tanpa garam, kue gandum, popcorn tawar atau tanpa pemanis, dan jus buah.

11. Kurangi alkohol

Segelas anggur standar dapat mengandung kalori sebanyak sepotong cokelat. Seiring waktu, minum terlalu banyak berkontribusi terhadap kenaikan berat badan.

12. Rencanakan makanan Anda

Cobalah rencanakan sarapan, makan siang, makan malam, dan camilan selama seminggu, pastikan Anda tetap mempertahankan asupan kalori Anda. Anda mungkin merasa terbantu untuk membuat daftar belanja mingguan.