Sukses

Berada pada 6 Situasi Ini, Tandanya Anda Harus Punya Asuransi

Liputan6.com, Jakarta Banyak orang masih memiliki anggapan miring mengenai asuransi. Bahkan ada yang menganggap bahwa asuransi kehidupan hanya penting bagi orang kaya yang memiliki banyak harta.

Jangan salah, asuransi sebenarnya dapat menjadi hal penting bagi siapa saja jika Anda ingin melindungi orang-orang yang bergantung secara finansial. Maka tak perlu lagi ada rasa khawatir membebani keluarga jika Anda meninggal kelak.

Salah satu alasan mengapa orang menolak asuransi seringkali karena tak mampu membayar premi per bulannya.

Namun melansir dari Lifehack.org, Jumat (18/10/2019) sebaiknya Anda segera memiliki asuransi jika berada di antara enam situasi berikut:

1. Anda adalah tulang punggung keluarga

Jika Anda merupakan satu-satunya orang yang mencari nafkah untuk keluarga, maka butuh asuransi. Pikirkan apa yang akan terjadi pada pasangan atau anak-anak jika Anda sudah tiada.

Apakah keluarga Anda siap membayar seluruh pengeluaran di masa depan tanpa Anda?. Jadi pikirkanlah untuk segera memiliki asuransi.

2. Terlibat kontrak pinjaman tertentu bersama orang lain

Jika memiliki utang atas nama sendiri, dan tak ada yang bertanggungjawab membayarnya selain Anda, maka setelah meninggal, seluruh harta akan disita. Jika jumlahnya tak cukup, maka pihak kreditor akan rugi dan perkara selesai.

Tapi berbeda jika Anda memiliki kontrak pinjaman bersama orang lain seperti properti atau kartu kredit. Siapapun orangnya akan bertanggungjawab 100 persen atas pinjaman itu jika Anda meninggal sebelum pinjaman lunas.

Memiliki asuransi juga dapat menutupi pinjaman dalam jumlah besar. Itu penting untuk segera Anda pikirkan.

 

2 dari 2 halaman

Tanda Lainnya

3. Merawat orangtua yang sudah tua

Dalam posisi sebagai anak tunggal dan memiliki orangtua yang bergantung secara finansial terhadap Anda, tentu tanggung jawab yang ditanggung sangat besar. Anda harus mampu menafkahi keduanya meski sudah tiada. Untuk itu, asuransi merupakan jawaban yang tepat.

4. Ingin memiliki tabungan pendidikan untuk anak

Tingginya biaya pendidikan yang terus meningkat setiap tahun membuat hanya segelintir kalangan yang mampu melanjutkan pendidikan hingga ke universitas.

Asuransi dapat menjadi salah satu jalan untuk menjamin pendidikan anak Anda meski Anda sudah tiada.

5. Ingin memberi warisan uang tunai

Membayangkan diri meninggal, banyak orangtua yang berharap dapat meninggalkan materi finansial pada keturunannya. Anda masih bisa memberikan warisan dalam bentuk uang tunai jika Anda memiliki asuransi.

6. Tak ingin ahli waris dibebani pajak

Jika Anda memiliki properti dengan biaya pajak yang tinggi, sebaiknya segera pilih asuransi yang tepat untuk diikuti. Dengan begitu, Anda tak perlu lagi khawatir ahli waris Anda kelak harus terbebani biaya pajak atas properti Anda.

Loading
Artikel Selanjutnya
Kemenkeu Asuransikan 1.360 Gedung Senilai Rp 10,8 Triliun
Artikel Selanjutnya
Jangan Buang-buang Waktu Saat Belanja, Ini Caranya