Sukses

Gunung Lokon Berstatus Waspada

Gunung Lokon terus menunjukkan peningkatan aktivitas. Sedikitnya telah terjadi sebanyak 20 kali gempa. Gunung Lokon kini berstatus waspada. Sementara status siaga Gunung Tangkuban Perahu belum diturunkan.

Liputan6.com, Tomohon: Aktivitas Gunung Lokon yang ada di Kota Tomohon, Sulawesi Utara, sejak Senin (18/4) sore, terus menunjukkan peningkatan. Dari pantauan pos pengamat Gunung Lokon, tercatat telah terjadi 20 kali gempa kecil di kawah gunung.

Sebagai langka pencegahan dini, petugas badan meteorologi dan geofisika setempat menyatakan kondisi Gunung Lokon dalam status waspada. Petugas mengimbau kepada masyarakat yang tinggal dan bercocok tanam di sekitar kaki gunung untuk tidak mendekati kawah gunung.

Gunung Lokon terakhir kali menunjukkan aktivitas tinggi pada Desember 2002. Meski tidak terdapat korban jiwa, ribuan hektare lahan pertanian di Minahasa rusak tertutup debu panas. Ratusan warga yang tinggal di sekitar gunung juga harus mengungsi.

Hingga kini, dua sampai tiga kali gempa kecil masih terjadi di Gunung Tangkuban Perahu, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Gempa terjadi secara naik turun. Lantaran itu status gunung setinggi 2.084 meter di atas permukaan laut itu masih belum diturunkan dan masih dalam status siaga.

Sementara itu bau menyengat gas belerang dari Kawah Ratu Gunung Tangkuban Perahu mulai berkurang. Meski demikian pedagang belum diizinkan berjualan dalam radius 500 meter [baca: Kadar Gas Belerang di Kawah Ratu Meningkat]. Direktorat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral berencana mengevaluasi perkembangan terakhir Gunung Tangkuban Perahu.(JUM/Aldrin Arief dan Taufik Hidayat)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.