Sukses

Kadar Gas Belerang di Kawah Ratu Meningkat

Peningkatan gas belerang tercium sangat menyengat. Menurut Ketua Tanggap Darurat Gunung Tangkuban Perahu Samsu Rizal, peningkatan kadar gas belerang akibat dari meningkatnya aktivitas gunung berapi.

Liputan6.com, Bandung: Kadar gas belerang di Kawah Ratu Gunung Tangkuban Perahu, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, sejak kemarin hingga Ahad (17/4), kembali meningkat. Bau gas belerang di sekitar puncak gunung setinggi 2.084 meter di atas permukaan laut itu tercium menyengat.

Menurut Ketua Tanggap Darurat Gunung Tangkuban Perahu Samsu Rizal, peningkatan kadar gas belerang merupakan akibat dari meningkatnya aktivitas gunung berapi yang dikategorikan dalam tingkat membahayakan manusia. Karena itu gunung yang selama ini menjadi salah satu tujuan wisata itu masih tertutup bagi pengunjung meski intensitas gempa vulkanik dalam beberapa hari terakhir terus berkurang.

Sementara di Manado, Sulawesi Utara, Pemerintah Provinsi Sulut mengumumkan keadaan Waspada. Itu didasari mulai meningkatnya aktivitas beberapa gunung berapi di daerah tersebut. Menurut Gubernur Sulut Lucky Korah, status Waspada diberlakukan untuk mengantisipasi kemungkinan jatuhnya korban. Maklum, di Sulut terdapat beberapa gunung api yang aktif. Antara lain Gunung Soputan di Kabupaten Minahasa, Gunung Lokon, dan Gunung Karangetang di Pulau Siau, Kabupaten Sangir Talaud.(AIS/Tim Liputan 6 SCTV)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.