Sukses

[VIDEO] Rayakan Imlek, Warga Beijing Mudik Kampung

Selain pulang mudik, mereka juga banyak menghabiskan liburan ke sejumlah lokasi wisata.

Budaya mudik ternyata tak hanya terjadi di Indonesia saat hari raya agama. Warga Cina yang hendak merayakan Tahun Baru Cina atau Imlek bersama sanak keluarganya juga banyak mudik ke kampung halamanya.

Seperti dityangkan Liputan 6 Malam SCTV, Jumat (31/1/2014), para warga urban di Beijing ini penuh semangat melangkah ke stasiun kereta api Beijing meski tinggal sehari lagi waktu mereka untuk mudik tepat waktu sebelum tahun baru yang jatuh pada 31 Januari.

Besarnya tas dan banyaknya barang bawaan mereka menunjukkan warga negeri tirai bambu ini akan menghabiskan akhir pekan merayakan Imlek, jauh dari rumah, ke kampung halamannya, atau sejumlah tempat wisata yang menghadirkan berbagai acara menyambut perayaan datangnya tahun kuda kayu itu.

Seperti di Guangzhou, menyambut dan merayakan tahun baru Imlek, kota indah ini menggelar pasar bunga tradisional terapung di Danau Liwan di Litchi Bay. Puluhan kapal penjual bunga wara-wiri menawarkan bunga segar kepada para pembeli.

Tak ketinggalan puluhan kapal wisata tersedia bagi yang sekedar ingin cuci mata menikmati pemandangan. Pasar bunga terapung ini dibuat menyerupai pasar bunga serupa yang digelar pada masa kejayaan Dinasti Ming berabad abad yang lalu. (Rmn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini