Sukses

Saat Andi Menpora, Semua Pejabat Diganti Kecuali Wafid Muharam

Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Adhyaksa Dault mengungkapkan, Andi Alfian Mallarangeng mengganti seluruh pejabat teras di Kemenpora usai menjabat Menpora. Tapi satu orang yang tidak diganti Andi, yakni Wafid Muharam yang merupakan Sekretaris Menpora.

"Eselon I diganti semua, kecuali Sesmenpora," kata Adhyaksa saat bersaksi untuk terdakwa Deddy Kusdinar dalam kasus dugaan korupsi proyek pembangunan Pusat Pendidikan Pelatihan dan Sarana Olahraga Nasional (P3SON) di Hambalang, Bogor, Jawa Barat, di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Jakarta, Selasa (19/11/2013).

Adhyaksa mengaku, informasi pergantian pejabat itu didapatnya dari Ketua Komisi X DPR saat itu, Mahyuddin. Informasi itu diberitahu saat keduanya bertemu di sebuah pesta pernikahan kerabat mereka pada awal 2010.

"Nggak ada apa-apa, nggak ada sebab, nggak ada angin, nggak ada hujan, dia (Mahyuddin) tiba-tiba datang ke saya dan memberitahu," kata Adhyaksa.

Menurut Adhyaksa, Mahyuddin membeberkan pergantian di lingkaran eselon I Kemenpora. Tapi cuma Wafid Muharam selaku Sekretaris Menpora yang tak turut diganti.

Adhyaksa mengaku heran dengan pergantian para pejabat tersebut. Sebab salah satunya, ada pemangkasan pejabat pembuat komitmen yang berjumlah lebih 20 orang menjadi 1 orang.

"Ada banyak PPK, sekitar 20an kalau nggak salah. Itu teknis (diserahkan) ke deputi dan sesmen," ujar Adhyaksa.

Wafid Muharam divonis 3 tahun penjara dan denda sebesar Rp 150 juta subsider 3 bulan penjara dalam kasus suap pembangunan Wisma Atlet SEA Games di Palembang, Sumatra Selatan. Mantan Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga itu tersebut terbukti bersalah menerima suap Rp 3,2 miliar. (Mvi/Sss)

Loading