Sukses

Tanam Jambu Jamaika di Waduk Pluit, Jokowi: Boleh Petik, Gratis!

Jokowi juga akan menanam tanaman jenis lain seperti tanaman ekaliptus dan pohon salam.

Untuk membuat taman Waduk Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara semakin hijau, Jokowi memerintahkan penanaman ratusan pohon jambu jamaika. Bibit tanaman itu didapatkan dari pusat pembibitan Dinas Pertamanan Jakarta yang berada di kawasan Ragunan, Jakarta Selatan.

"Nanti di sini kita taman jenis yang Jambu Jamaika, bibitnya ada di Ragunan, berapa jumlahnya di sana, tarik ke sini saja semua. 100 pohon, 200 pohon, bawa semuanya," ujar Gubernur DKI bernama lengkap Joko Widodo saat mengunjungi Waduk Pluit, Rabu, (13/11/2013).

Selain menanam pohon jambu jamaika, Jokowi juga akan menanam tanaman jenis lain seperti tanaman ekaliptus dan pohon salam

"Nanti ekaliptus 600 pohon kita tanam sini semua, yang tingginya 1,5 meter. Jadi nanti ada jambu jamaika, ekaliptus, pohon salam yang gunanya untuk penarik burung supaya datang ke sini," kata Jokowi.

Untuk mendapatkan ratusan tanaman tersebut, Jokowi mengaku pihaknya hanya tinggal memindahkan dari pusat pembibitan milik Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI Jakarta yang berada di kawasan Ragunan, Jakarta Selatan.  

"Kalau yang ini ndak usah beli lagi, kita sudah punya semua kok, di kebun bibit kita ada 40 ribu pohon. Saya mau cepet kelihatan, makanya penanaman terus dilakukan," kata Jokowi.

Dari 40 ribu bibit pohon tersebut, Jokowi mengaku pihaknya akan menyebarkannya ke seluruh wilayah kota DKI Jakarta. Tidak hanya tanaman hias, tanaman buah pun akan ditanam dan ikut menghiasi beberapa sudut ibukota.

"Ya itu nanti macem-macem, tiap wilayah beda-beda, misalnya Jakarta Timur akan ditanami durian dan rambutan, Jakarta Selatan rambutan saja, Jakarta Pusat jambu air, Jakarta Utara mangga, dan Jakarta Barat akan ditanami mangga dan rambutan, nanti warga boleh petik sesukanya, gratis," kata Jokowi. (Ein/Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.