Sukses

Roy Suryo Jelaskan Foto Chairul Tanjung Tunjuk SBY

Foto pengusaha Chairul Tanjung menunjuk Presiden SBY menjadi perbincangan hangat di media sosial. Roy Suryo punya penjelasannya.

Foto pengusaha Chairul Tanjung (CT) menunjuk Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menjadi perbincangan hangat di media sosial. Ketua Forum Akademisi IT Hotland Sitorus menyatakan foto yang beredar merupakan hasil rekayasa setelah dilakukan digital image forensic.

Namun Menteri Pemuda dan Olahraga Roy Suryo punya penjelasan lain. Pegiat telematika ini menilai pendapat Hotland salah.

"Sebenarnya tidak perlu dipersoalkan. Lebay itu. Bukan soal asli atau tidaknya, karena foto tersebut memang benar asli alias bukan rekayasa," kata Roy dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat (27/9/2013).

Foto tersebut, lanjut Roy, memang benar terjadi peristiwanya di salah satu hotel di kawasan Nusa Dua, Bali. Namun Chairul Tanjung tidak sedang menunjuk langsung, apalagi marah-marah ke SBY dan rombongan.

"Tetapi sedang menjelaskan fasilitas ruangan tersebut. Jelas tampak ekspresi masing-masing cool," terang Roy.

Jadi kesimpulannya, sambung dia, foto tersebut merupakan foto asli yang sebenarnya biasa-biasa saja. Tetapi yang men-tweet pertama kali lebay dan yang membuat caption atau narasi ngaco.

"Apalagi ditambahi 'pakar IT ngawur' yang malah salah, karena mengomentari foto tersebut yang menurut dia rekayasa, bahkan dengan teori forensik dan sebagainya yang ngaco. Padahal foto memang benar, hanya caption atau narasinya saja yang salah," tukas Roy.

Foto Itu

Foto Chairul Tanjung yang sedang menunjuk SBY beredar di Twitter. Disebutkan, pria yang akrab disapa CT itu marah kepada SBY.

Foto itu merupakan jepretan Fotografer Istana, H Abror Rizki. Gambar itu mengabadikan kegiatan SBY saat meninjau berbagai aspek kesiapan penyelenggaraan KTT APEC di Bali.

Pada foto yang dikeluarkan resmi oleh Biro Pers Istana, posisi mulut CT sedang rapat. Sedangkan dalam foto yang beredar di Twitter, posisi mulut CT menganga. Selain itu, pada foto resmi terlihat CT menunjuk dengan jempol kiri. Sedangkan dalam foto yang beredar di Twitter, CT menunjuk dengan jari memanjang seperti telunjuk.

Foto berikut ini adalah hasil rekayasa yang beredar di Twitter:




Ketua Forum Akademisi IT Hotland Sitorus menyatakan telah melakukan digital image forensic terhadap foto yang beredar di Twitter dan hasilnya memang rekayasa. Terlihat dari ukuran tangan kiri CT yang digunakan untuk menunjuk SBY.

"Ukuran tangan CT tidak proporsional. Demikian juga posisi tangan kiri yang menunjuk ke arah sisi luar kiri, tidak tepat apabila disandingkan dengan posisi badan, terutama arah wajah CT. Saya jamin kalau foto tersebut adalah hasil rekayasa, jadi itu tidak perlu dibesar-besarkan," tutur Hotland

Selain itu, lanjut dia, presisi elemen gambar pada border lengan kiri tidak sama kualitasnya dengan elemen gambar tubuh CT.

"Rekayasa dilakukan dengan menggunakan perangkat lunak open source gd-jpeg v1.0," tutur Hotland yang juga dikenal sebagai pakar digital forensic. (Sss/Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.