Sukses

Taufik Kiemas Menerima Gelar Datuk Basa Batuah

Liputan6.com, Tanah Datar: Sebuah upacara adat khusus pengangkatan penghulu adat digelar di Istana Pagaruyung Batu Sangkar, Kabupaten Tanah Datar, Sumatra Barat, Ahad (21/12). Tokoh yang kali ini mendapat gelar tersebut adalah Taufik Kiemas, suami Presiden Megawati Sukarnoputri. Taufik diberi gelar Datuk Basa Batuah. Sedangkan Megawati diberi gelar Puti Reno Nilam.

Dalam istilah adat Minangkabau, pengukuhan gelar kepada Taufik Kiemas adalah mengangkat batang yang terendam atau menyambung kembali mata rantai yang terputus. Ini dikarenakan telah 100 tahun tak seorang pun yang menyandang gelar ini. Taufik berhak mendapat gelar Datuk Basa Batuah karena dia keturunan warga Sikumbang di Tanah Datar dari garis ibu. Dengan gelar ini maka Taufik Kiemas berkedudukan sebagai penghulu Kaum Sikumbang, Nagari Sabu, Tanah Datar./ >
Upacara penyambutan Taufik Kiemas dan Megawati dilakukan secara khusus dengan pegelaran tarian menyambut penghulu adat. Aksi berbalas pantun juga mewarnai prosesi acara. Ini merupakan prosesi awal pengangkatan Taufik Kiemas sebagai Datuk atau penghulu adat yang merupakan posisi terhormat dalam struktur adat masyarakat Minang. Sebelumnya Istana Pagaruyung memberi gelar Yang Dipatuan Maharajo Alam Sati kepada Sri Sultan Hamengkubuwono X.(LIA/Nurul Amin dan Haryo Dewanto)