Sukses

[VIDEO] `Jaket`, Oleh-oleh Istimewa dari Purwokerto

Bila Anda melintasi atau bersinggah di Purwokerto, Jawa Tengah, Anda bisa mampir untuk mencicipi jenang asli ketan atau disebut juga Jaket.

Bila melintasi atau bersinggah di Purwokerto, Jawa Tengah, Anda bisa mampir untuk mencicipi jenang asli ketan atau disebut juga 'jaket.' Nah, penganan ini bisa Anda jadikan oleh-oleh atau sajian istimewa saat Lebaran bersama keluarga.

Jaket diolah di atas kuali yang terbuat dari tembaga. Menurut Sri, pemilik usaha Jaket, alasan kuali terbuat dari tembaga karena kalau terbuat dari bahan selain tembaga bisa lengket.

Jenang itu, kata Sri, harus diaduk-aduk hingga 3 jam dan secara perlahan-lahan. Sementara bahan-bahan alami yang digunakan berupa beras ketan, gula jawa, dan kelapa.

"Setelah jenang matang dan berwarna cokelat tua, lalu didiamkan di tampah dan dilapisi plastik agar tidak lengket," ujar Sri di Purwokerto dalam tayangan Liputan 6 SCTV, Senin (29/7/2013).

Menurut dia, jelang Lebaran, permintaan bisa melonjak hingga 200 persen. Namun, kata Sri, saat ini bahan baku sangat mahal, termasuk bahan bakar arang.

Bila Anda yang berada jauh dari Purwokerto dan ingin membawa jenang ke rumah, jangan khawatir karena jenang bisa bertahan hingga 2 minggu. Untuk harga jenang dibanderol Rp 11 ribu per bungkus. (Frd/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.