Sukses

Persiapan AMI Awards Final

Liputan6.com, Jakarta: Anugerah Musik Indonesia (AMI) Awards 2003 akan digelar di Jakarta Convention Centre Jumat (3/10) malam dan siarkan langsung SCTV pada pukul 21.00 WIB. Ajang pemberian anugerah tertinggi buat insan musik Indonesia ini dibagi dalam 17 bidang dengan 41 kategori. Jumlah bidang yang diperebutkan lebih banyak dari sebelumnya, 16 bidang. "Acaranya bakal seru, sekaligus sebagai tolak ukur perkembangan musik di Tanah Air. Selain itu, penilaiannya juga tak bisa direka-reka," kata Harvey Malaiholo, yang akan berpartisipasi dalam acara tersebut.

Selain lebih netral karena tanpa embel-embel nama sponsor, penyelenggaraan AMI kali inia juga memberlakukan sistem penilaian baru. Khusus untuk bidang umum, yang biasa disebut sebagai Best of The Best-nya AMI Awards, hanya akan melibatkan para anggota jingga, yakni para pelaku langsung di industri musik. Penilaian bidang ini akan dilakukan secara menyeluruh. Tak hanya dari segi penyanyinya, tapi juga mencakup pencipta lagu, dan produser yang bersangkutan.

Dari pengamatan SCTV, persiapan acara AMI Awards 2003 sudah final. Hingga Jumat petang, sejumlah artis masih terlihat tampil dalam gladi bersih. Bintang-bintang ngeTop yang akan memeriahkan acara ini antara lain grup band Padi, Slank, Jikustik, Nugie, Baim, Marcel, Tere, Shanty, Iis Dahlia, Tohpati, Didi Kempot, Natasya, Viki Sianipar, Imel, dan Bonita.

Berikut daftar unggulan AMI Awards 2003:

1. Kategori Pop

A) Artis Solo Wanita Pop Terbaik: Audy (Menangis Semalam), Inka Christie (Sanggupkah), Reza (Cinta Kita), Rossa (Malam Pertama), dan Titi DJ (Penyesalan).
B) Artis Solo Pria Terbaik: Ari Lasso (Cinta Sejati), Ariyo (Kucinta Caramu), Baim (Sewaktu Kau Di sisiku), Iwan Fals (Aku Bukan Pilihan), dan Katon Bagaskara (Kadang).

2. Kategori Rock

A) Artis Solo Wanita/Pria Rock Terbaik: Audy (Bila Saja), Encunk (Sujud), Rika (1997) dan Windy (Jangan Takut Untuk Mencintaiku).
B) Artis Duo/Grup Rock Terbaik: /rif (Arah), BIP (Ternyata Harus Memilih), Boomerang (I Want You), Netral (I Love You), dan Slank (Gara-gara Kamu).

3. Rhythm and Blues

A) Karya Produksi R&B Terbaik: Denny Didan (Aku dan Kamu), Reza (Apapun Kau Mau), Sania (Bablas), T-Five (Jangan Pernah), dan Tofu (Aku Padamu).

4. World Music

A) Karya produksi world music terbaik: Dewa Bujana (Back Home), Sinten Remen (Janji Palsu), Sirkus Barock (Jula Juli Anak Negeri), dan Viky Sianipar (Toba Smile part 1).

5. Film/Tv/Visual Media

A) Album Kompilasi Score/Soundtrack Film/TV/Visual Media Terbaik: OST Andai Ia Tahu, OST Biola Tak Berdawai, OST Rumah ke Tujuh, OST Bayangan Adinda, dan OST Tusuk Jelangkung.

6. Video Musik

A) Video Musik Terbaik: Rudy Sujarwo (Cinta Sejati/Ari Lasso), Dimas Djayadiningrat/Millenium (Bila Saja/Audy), Eugene Panji (Seperti Yang Kau Minta/Chrisye), Rizal Mantovani (Kangen/Chrisye feat. Sophia Latjuba), dan Dimas Djayadiningrat/Rexinema (Hitam/Padi).

7. Produksi

A) Produser Terbaik: Seli Pontoh dan Jan Djuhana (18/Audy), Erwin Gutawa (Dekade/Chrisye), Indra Lesmana (OST Rumah ke Tujuh/Indra Lesmana), Jan Djuhana dan Piyu (Save My Soul/Padi), dan Maia Ahmad (Bersama/Ratu).

8. Bidang Umum

A) Pendatang Baru Terbaik: Bonita (Bonita), Imel (Di Ladang Stroberi), Mocca (My Diary), Ratu (Bersama), dan Superman Is Dead (Kuta Rock City).

9. Lagu Terbaik

A) Krishna Balagita dan Donnie (Masih (Sahabatku Kekasihku)/ADA Band), Bebi/Ari Lasso (Cinta Sejati/Ari Lasso), Stephan Santoso/Inno Daon (Bila Saja/Audy), Stephan Santoso/Inno Daon (Belum Saatnya (Berpisah)/Glenn Fredly), dan Piyu/Rindra/Fadly (Hitam/Padi).

10. Karya Produksi Terbaik

A) ADA Band (ADA Band), Ari Lasso (Ari Lasso), Audy (Seli Pontoh), Glenn Fredly (Seli Pontoh), dan Padi (Jan Djuhana dan Piyu).

11. Album Terbaik

A) ADA Band (Metamorphosis), Audy (18), Chrisye (Dekade), Element (Paradoks), dan Padi (Save My Soul).(ULF/Rike Amru)